Berita Umum

Pengurus Vox Point DPW Merauke Dikukuhkan

Pengurus Vox Populi Institute (Vox Point) Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Merauke secara resmi dikukuhkan, Sabtu (7/4). Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Vox Point Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Papua, Kristosimus Yohanes Agawemu dalam Pertemuan Rapat Kerja dan Paskah Bersama di Aula Vertenten Sai Merauke.

Pertemuan diawali pembukaan rapat pleno membahas berbagai program kerja dari masing-masing bidang. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Perayaan Paskah Bersama dengan Misa Syukur yang dipimpin langsung oleh Pastor Anselmus Amo, MSC dan sekaligus dilakukan pengukuhan pengurus.

Ketua Vox Point Indonesia, DPD Papua, Kristosimus Yohanes Agawemu dalam arahannya usai pengukuhan, berpesan kepada pengurus yang baru dilantik agar dapat bekerja dalam pengembangan, penguatan serta pewartaan bagi umat Katolik. Hal ini dilakukan demi kepentingan gereja, bangsa dan negara.

“Kalau kita melihat tema kita, pergilah kita diutus. Maka mari kita imani kata-kata ini dan kita jadikan semua orang untuk mengenal Vox Point dengan seluruh tujuan dan misinya yang dibentuk dengan tujuan yang mulia, yaitu untuk kepentingan kebangsaan. Bagaimana kita yang ada di Keuskupan Agung Merauke dapat mengambil peran dalam mewujudkan itu,” ucapnya.

Dia berharap tugas-tugas yang telah dirumuskan, dapat dilakukan dengan mengobarkan semangat Roh Kudus. Dengan begitu, seluruh pengurus Vox Point DPW Merauke dapat menjadi garam dan terang demi kepentingan banyak orang. Hal ini menjadi suatu kekuatan iman yang dapat menghadirkan cinta kasih Tuhan, dengan kedamaian serta persaudaraan.

“Suara orang Katolik melalui Vox Point, dalam pikiran dan tindakan akan menjadi perhatian khusus bagi semua pihak. Bahwa Vox Point hadir dan sejajar dalam berpikir untuk kepentingan bangsa dan  negara, sekalipun kita berada di ujung timur Indonesia. Pikiran kita, tindakan kita, komunikasi kita dan tindakan kita harus menunjukan kedewasaan menunjukan bahwa Vox Point sejajar dengan organisasi keagamaan lainnya dan sejajar dalam struktur organisasi pemerintahan maupun politik,” kata Kristosimus.

Dia juga berharap Vox Point dapat bangkit dengan semangat baru. Untuk itu seluruh pengurus harus bersatu dan meninggalkan segala bentuk perbedaan.  “Rasa persaudaraan yang kita miliki mari dijadikan sebagai kekuatan iman untuk mewartakkan kabar suka cita melalui tugas fungsi Vox Point,” pesan Kristosimus.

Sekilas tentang Vox Point Indonesia

Vox Point sendiri merupakan organisasi awam Katolik yang memiliki tujuan untuk menyuarakan dan mewujudkan kebenaran serta keadilan, mengembangkan nila-nilai kebangsaan dan sebagai wadah kajian strategis bidang sosial politik, kemasyarakatan dan kenegaraan. Vox Point beranggotakan kalangan politisi, pejabat pemerintahan, TNI/Polri, profesional/pengusaha dan orang muda Katolik. 

Vox Point DPD Papua terdiri dari DPW Merauke, DPW Jayapura, DPW Timika, DPW Asmat, DPW Mappi, DPW Boven Digoel dan DPW Pegunungan Bintang.

Daftar Pengurus Vox Point DPW Merauke:

Ketua, Yoseph B Gebze, Wakil Ketua I, Simon Petrus Balagaize, Wakil Ketua II, Thobias Walong, Wakil Ketua III, Anna Mahuze, Wakil Ketua IV, Hendrik Mahuze, Wakil Ketua V, Paskalis Imadawa, Wakil Ketua VI, Selestianus Kahol, Sekretaris, Stevanus Osok, Sekretaris I, Yosevita Aron, Sekretaris II, Michael Talubun, Sekkretaris III, Krispinus Palobo, Bendahara, Eva Lamera, Bendahara I, Anton Palungan, Bendahara II, Salvator Tharob dan Bendahara III, Ronny Letsoin.

Koordinator Bidang Pengkajian Strategis (Hukum, Politik, Ekonomi, Kebangsaan dan Kebudayaan), Alex Tawada Sitinjak, Koordinator Bidang Penelitian/Survei dan Analisa Data, Jeanne Kelanit, Koordinator Bidang Perempuan, Fani Hetaria Ohoiwutun, Koordinator Bidang Kaderisasi, Paskalis Tethool, Koordinator Bidang Pengembangan Organisasi dan Operasional, Adrianus Molo, Koordinator Bidang Pengembangan Mental dan Spiritual, Godefridus Samderubun, Koordinator Bidang Kewirausahaan, Anthoni Sutjiadi dan Koordinator Sekretariat, Humas dan Publikasi, Koordinator Valentinus Jaik.