Berita Utama

Disiplin ASN di Kabupaten Merauke Dinilai Kendor

Merauke - Penerapan disiplin kerja di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Merauke, Papua dinilai kendor alias menurun. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan saat pimpin Apel Bulanan Korpri di Halaman Kantor Bupati Merauke, Senin (5/9/2022).

Pegawai kantor baik yang ASN maupun honorer bekerja sesuka hati. Ini dilihat dari jam masuk maupun pulang kantor, ada yang masuk telat dan pulang lebih awal. Akibat dari ketidakdisiplinan itu membuat keterlambatan dalam hal pelaporan yang dibutuhkan. Dan banyak tugas yang tidak selesai tepat waktu karena ketidakseriusan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab. 

"Mari kita tegakkan disiplin ASN kita. Sudah menjadi komitmen sebagai anggota ASN untuk disiplin dalam tugas dan waktu, disiplin dalam merencanakan semua program," tandas Wabup Merauke.

Ada kekhawatirannya ketika Provinsi Papua Selatan (PPS) mulai berjalan. Sangat penting bagi ASN untuk tingkatkan semangat kedisiplinan, kerja keras dan kerja bersama, serta tingkatkan kemampuan diri baik di tingkat kabupaten/kota maupun di tingkat provinsi agar semua penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik dan maksimal. 

Untuk tahap pertama, sekitar 1090 ASN dari empat kabupaten, Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel akan bergeser tingkat provinsi. Jumlah yang tidak sedikit ini diharapkan pelayanan pemerintahan di tingkat kabupaten jangan sampai mengalami kendala yang dipicu dari menurunnya semangat kerja dan kedisiplinan ASN tersebut.

"Jangan sampai perubahan nanti menjadi gejolak yang bisa melemahkan pemerintahan di kabupaten. Kita harus mengantisipasi perubahaan dimaksud. Kalau yang keberatan menjalankan tugas sebagai ASN, silahkan Anda mengundurkan diri secara jantan," tegasnya.

Bahkan dirinya minta pimpinan OPD maupun sebaliknya dapat memberikan laporan ketika ada ASN malas masuk kantor dan tidakan menjalankan tugas. Sebagai pimpinan daerah akan berlaku adil kepada ASN dengan memberikan sanksi sebab seorang ASN harus mampu menjalankan tugas untuk kemajuan daerah.

Hal yang sama juga terkait keaktifan ASN dalam mengikuti apel bulanan korpri yang dilaksanakan setiap awal bulan, dengan begitu keaktifan pegawai dari semua dinas akan diukur.(Get)