Berita Utama

Pemprov PPS Selenggarakan Raker Perdana Percepatan Perencanaan Pembangunan

Merauke - Dalam rangka persiapan penyelenggaraan pemerintahan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan (PPS), maka Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Papua Selatan melakukan rapat kerja selama dua hari di Swiss-belhotel Hotel Merauke, Rabu 25-26 Januari 2023.

Rapat kerja perdana ini menghadirkan pimpinan daerah atau perwakilan dari empat kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel serta seluruh perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) PPS. 

Pembukaan Rapat Kerja Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Papua Selatan.

"Maksud kegiatan Raker adalah terciptanya sinkronisasi rencana pembangunan daerah dari Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Menjaga kesinambungan pembangunan menjelang Pilkada serentak tahun 2024, sinkronisasi arah pembangunan jangka menengah Provinsi Papua Selatan pada periode 2024-2026. Serta mewujudkan program prioritas dan tujuan pembangunan daerah PPS selama periode 2024-2026," ujar Kepala Bapperida PPS, DR. Ulmi Listianingsih Wayemi S.sos.MM dalam laporannya. 

Pihaknya menghadirkan Narasumber dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Dirjen Politik Pemerintah Umum Pemerintah Dalam Negeri, baik secara langsung maupun virtual. 

Pj Gubernur PPS Apolo Safanpo mengatakan, sangat diperlukan sebuah rancangan pembangunan di berbagai sektor. Dikatakan, apa yang akan dikerjakan besok harus direncanakan hari ini. Diawali dengan tiga hal, yaitu mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan tahun sebelumnya. Mereview kembali kegiatan yang sudah direncanakan tahun lalu untuk dilaksanakan tahun ini, apakah sudah sesuai dengan kondisi saat ini, dan melihat usulan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2023 terutama di 2024 nanti. 

"Dalam perencanaan harus teliti dan terukur sebelum dituangkan dalam Perda. Oleh karena itu Raker dua hari ini sangat penting bagi kita untuk meletakkan dasar pembangunan tahun 2023 dan 2024. Ada tiga agenda yang menjadi perhatian yakni agenda politik, pembangunan dan agenda pelayanan publik," tutur Apolo pada Rabu (25/1/2023) di Swiss-belhotel.(Get)