Berita Utama

Sejak 13 Januari Sitem Perizinan OSS-RBA Belum Bisa Diakses

Merauke - Masyarakat Kabupaten Merauke khususnya para pelaku usaha yang akan mengurus izin atau perpanjangan izin melalui sistem perizinan OSS-RBA diminta bersabar. 

OSS-RBA atau Online Single Submission Risk-Based Approach (Perizinan Daring Terpadu dengan Pendekatan Perizinan Berbasis Risiko) ini oleh lembaga OSS Kementerian Investasi BKPM sedang melakukan penyesuaian sistem OSS terkait dengan kehadiran Provinsi Papua Selatan. 

Semua data-data akan disesuaikan dengan nomor induk kependudukan (NIK), nomenklatur dan kode wilayah di dalam sistem, begitu juga keseluruhan data-data terkait Provinsi baru PPS dan Provinsi lainnya. 

"Kami belum bisa mengatakan sampai kapan, tapi secara penyelesaian antar kementrian sudah dilakukan intens dan saat ini dilakukan penyusunan secara keseluruhan," terang Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Merauke, Ir. Justina Elisabeth Sianturi, M. Si, kemarin. 

Disampaikan, ketika ada perubahan data maka akan mempengaruhi data yang lain, sehingga segera dilakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Situasi ini terjadi sejak 13 Januari 2023.

"Yang bisa berjalan hanya OSS terhadap pelaku perizinan yang terbitnya otomatis. Mereka masih menggunakan data Provinsi Papua dan pemilihan data di dalam masih bisa berjalan tetapi masuk dengan akses data Provinsi Papua," tandasnya.

Masyarakat diminta bersabar hingga penyesuaian selesai dilakukan oleh pusat, sebab daerah tidak bisa berbuat banyak selain ikut menunggu.(Get)