Berita Utama

Empat Paslon Gubernur dan Wagub Papua Selatan Ikuti Debat Pertama Pilkada 2024

Merauke - KPU Provinsi Papua menggelar debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provisi Papua Selatan Tahun 2024, Rabu, (23/10/2024) di Swissbell hotel Merauke.

Debat publik ini disiarkan secara langsung atau live di TV ONE dengan tema: memajukan daerah dan menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten dan provinsi dengan nasional. Dan sub tema; pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur, tata kota, dan transportasi, pertanian dan ketahanan pangan, perkebunan, kehutanan dan perikanan.

Empat Paslon yang mengikuti debat adalah pasangan nomor urut 1 Darius Geliwom dan Yusak Yaluwo, nomor urut 2 Nikolaus Kondomo dan H. Baidin Kurita, nomor urut 3 Romanus Mbaraka dan Alberth Muyak dan nomor urut 4 Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa, serta menghadirkan lima panelis terpercaya untuk menyampaikan pertanyaan sesuai dengan tema debat pertama. 

Debat pertama Empat Paslon Gubernur dan Wagub Provinsi Papua Selatan Untuk Pilkada 2024.

Ketua KPU Provinsi Papua Selatan, Theresia Mahuze mengatakan Papua Selatan pertama kali melakukan debat publik bagi calon gubernur dan wakil gubernur Papua Selatan sebagai Daerah Otonomi Baru. 

"Masing-masing dari para calon beradu ide, komitmen dan gagasan dengan menampilkan hal yang baik, positif dan keunggulan visi misi para calon untuk meyakinkan pemilih melalui debat malam ini," ujar Theresia dalam sambutannya.

Theresia mengajak masyarakat menyaksikan debat melalui siaran yang tersedia sehingga dapat memastikan siapa calon yang tepat untuk dipilih.

Baca Juga: Provinsi Papua Selatan Bergerak Memerangi Malaria Menuju Eliminasi

Dengan semangat masing-masing pasangan memaparkan visi dan misi masing-masing dalam waktu dua menit. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan dari panelis kemudian tanya jawab antara sesama Paslon. Para Paslon memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan argumen guna meyakinkan rakyat yang akan memilih bahwa mereka layak untuk dipilih dan memimpin Papua Selatan lima tahun ke depan.(Get)