Berita Utama

Pemkab Merauke Sosialisasikan Program Umroh

Merauke - Organisasi masyarakat (Ormas) Islami, tokoh agama, para Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM) se Kabupaten Merauke mengikuti sosialisasi program umroh Pemerintah Kabupaten Merauke.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Pemkab dalam rangka meningkatkan nilai-nilai keimanan umat muslim di Merauke. Agama lain juga mendapatkan diberikan kepada umat yang beragama lain, yaitu Katolik, Kristen, Hindu dan Budha. 

"Bagian dari pelayanan kita di tanah ini adalah harus semangat melakukan kegiatan yang mengantar orang dan memberikan keselamatan kepada mereka," kata Romanus Mbaraka, Senin (20/3/2023) di Kantor Bupati setempat. 

Bupati Merauke buka Sosialisasi Umroh.

Pemkab menyiapkan anggaran senilai 2 miliar untuk membantu umat muslim dalam rangka umroh atau naik haji di tahun 2023. Tinggal panitia pengurus menyesuaikan berapa yang bisa diakomodir berdasarkan kemampuan anggaran. Bantuan ini murni diberikan tidak ada unsur lain, tegas Romanus. 

"Kita terus dorong iman dan takwa rakyat kita tumbuh terus karena itu dasarnya dari kehidupan manusia. Ketika iman kita baik pasti daerah itu aman, miras kurang. Kalau keluarga agamanya baik kegiatan pembangunan bisa jalan," ucap Romanus. 

Pemerintah daerah terus mendorong bangunan sarana dan prasarana rohani setiap agama. Sayangnya masih ada bantuan yang tidak dapat dibuatkan laporan pertanggungjawaban kembali ke Pemkab. Untuk itu, Bupati Merauke minta agar semua bantuan harus ada laporan pertanggungjawaban dan dilakukan dengan jujur serta transparan setiap pemakaian keuangan bantuan Pemerintah.

"Mari lakukan tugas kita masing-masing, kerja dengan jujur, transparan dan berikan laporan setiap bantuan yang diberikan pemerintah," tandasnya. 

Lebih dari itu diharapkan Merauke terus tumbuh dan setiap yang tinggal di dalamnya dukung pembangunan dengan pertahankan kesatuan dan persatuan wilayah dalam slogan izakod bekai izakod kai satu hati satu tujuan.(Get)