Berita Utama

Apolo Safanpo Serahkan Bantuan Sprayer Bagi Kelompok Tani OAP Gudang Arang

Merauke - Pj Gubernur PPS, Apolo Safanpo menyerahkan bantuan peralatan pertanian sekaligus melakukan panen padi milik masyarakat orang asli Papua (OAP) daerah Gudang Arang Merauke. 

Pj Gubernur menyerahkan 1 buah sprayer, dan pupuk cair bagi kelompok tani yang didatanginya itu. Bahkan ia mengaku bangga menyaksikan secara langsung orang asli Papua bisa menanam padi. 

"Ternyata OAP mampu untuk bertani dalam beberapa sektor di pertanian. Ini sudah satu hasil karya yang luar biasa. Karena kita di PPS punya kebiasaan meramu, tidak terbiasa menanam padi. Tapi ketika mampu beralih dengan bercocok tanam maka itu satu prestasi yang patut kita banggakan dan support untuk perkembangan ke depan," ungkap Apolo dengan bangga. 

Penyerahan 1 unit Sprayer kepada Ketua Kelompok Tani Gudang Arang.

Dikatakan, untuk meningkatkan hasil produksi perlu dukungan Alsintan, lahan yang cukup, bibit unggul, ketersediaan pupuk dan yang lebih penting adalah kualitas SDM untuk menggarap lahan. 

"Bantuan alat tani akan meningkatkan motivasi kerja petani. Sore ini kami serahkan 1 sprayer atau alat untuk semprot pupuk dan pupuk cair," sambung Safanpo. 

Ketua Kelompok Tani Asmat Indah, Yohanes Puer menyebut kelompok Tani Asmat Indah baru dibentuk dua tahun dan dua tahun mulai menanam padi di lahan seluas 5 hektare. Kelompok Tani ini belum memiliki peralatan mesin pertanian dan berharap pemerintah memberikan perhatian melalui Pj Gubernur yang aspirasinya disampaikan pada momen tersebut. 

Pj Gubernur PPS lakukan panen padi milik OAP Gudang Arang Merauke.

"Kehadiran Pak Gubernur kesempatan ini dapat melihat langsung kebutuhan petani dan masyarakat OAP. Kami sangat berterimakasih kehadiran bapak di sini dan bantuan yang diberikan. Kami minta ada perhatian ke depan," ucap Yohanes di lahan sawah Gudang Arang, Senin (8/5/2023).(Get)