Berita Utama

Rumah BUMN Merauke Fasilitasi Pelatihan Cara Mengolah Pentolan Ikan

Merauke - Melimpahnya hasil laut jenis ikan di Merauke, sangat disayangkan jika kurang dimanfaatkan atau terbuang percuma. Untuk memanfaatkan potensi tersebut, Rumah BUMN Merauke mengadakan pelatihan teknikal skill kepada binaannya tentang cara mengolah pentolan ikan. 

Namun, lebih diprioritaskan kepada binaan yang bukan pengolah pentolan sehingga antusias dan semangat membuat pentolan diperlihatkan para peserta yang baru mempelajarinya. 

Pelatihan cara pengolahan pentol ikan di Merauke

"Bahkan masih banyak yang mau namun kita hanya berikan 30 kuota. Peserta ini diharapkan akan punya tambahan produk ikan yang sebelum belum ada sebab caranya cukup mudah untuk dikerjakan," kata Amadea Sampepadang selaku Fasilitator Rumah BUMN Merauke, Kamis (15/6/2023). 

Baik orang asli Papua maupun pendatang sama-sama ikut ambil bagian dalam pelatihan. Semangat yang sama diharapkan terus ada bukan hanya mengolah pentol ikan saja tetapi produk olahan lainnya juga dikembangkan sehingga hasilnya dapat dipasarkan untuk menambah penghasilan dalam memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga. 

Sebab dalam ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak Omega 3, 6, 9 yang baik manfaatnya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan atau sumber protein yang lain. 

"Mudah-mudahan apa yang sudah diberikan saat pelatihan dapat ditindaklanjuti dengan mengembangkan usaha dan peserta mampu berinovasi menambah produk baru," imbuh Dea.(Get)