Berita Utama

Dewan Soroti Masalah Obat di Distrik Waan Kabupaten Merauke

Merauke - Wakil Ketua DPR Kabupaten Merauke menyoroti laporan warga tentang obat-obatan medis yang sudah expired di Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua Selatan. 

Pasalnya, obat-obatan tersebut banyak tersedia di fasilitas kesehatan namun tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. 

"Masyarakat lebih banyak sakit lain, obat yang tersedia lain, tidak sesuai jenis penyakit," ujar Wakil Ketua DPR Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan, Selasa (15/8/2023) di Merauke.

Saat ini keluhan yang sering dialami masyarakat Distrik Waan adalah sakit diare. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan diminta lebih teliti dalam melakukan pengiriman obat ke distrik dan kampung sehingga dapat terpakai dan bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. 

Mirisnya, ketika masyarakat mengalami sakit dan sangat membutuhkan pengobatan dari tenaga kesehatan justru tidak tersedia obat yang dibutuhkan sesuai keluhan.

"Petugas kesehatan harus memperhatikan ini," demikian ucap Domin usai menerima masukan masyarakat saat dewan melakukan reses di Waan belum lama ini. 

Keluhan lain yang juga disuarakan masyarakat kampung adalah pendidikan yang tidak berjalan semestinya, guru tidak ada di tempat. Kemudian maslah pangan dan ekonomi masyarakat agar mendapatkan perhatian pemerintah. 

Dia menambahkan, hasil masukan atau aspirasi masyarakat akan ditindaklanjuti dewan ke Pemerintah Kabupaten Merauke.(Get)