Berita Utama

Waspada! Dampak El Nino Berpotensi Infeksi Saluran Pernapasan dan Diare

Merauke - Masyarakat mesti lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap infeksi saluran pernapasan (Ispa) sebagai dampak dari El Nino. 

Suhu panas serta berdebu di waktu siang dan sangat dingin pada malam hari berpotensi pada ispa. Untuk itu, perlu menghindari debu atau asap agar tidak terjadi gangguan pada saluran pernapasan. 

"Apa lagi kalau sering karena debu dan ada asap karena bakar, paling rawan di saluran pernapasan. Kita anjurkan pakai masker. Seperti kita lihat di rumah sakit banyak antrian yang mau pasang oksigen," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Nevile Muskita, Senin (4/9/2023) di Merauke. 

Di lain sisi, musim kemarau akan kesulitan air bersih di berbagai wilayah. Sebagian orang bisa saja mengkonsumsi air yang kurang sehat sehingga akan memicu penyakit diare. 

"Kita sama-sama tahu, kalau susah air, mobil tanki atau penjual gerobak air kesulitan mendapatkan sumber air bersih untuk konsumsi masyarakat. Pengalaman, mereka ambil di bendali-bendali, itu yang hati-hati. Untuk sterilnya, dimasak terlebih dahulu biar sehat," kata dr. Nevile. 

Kesadaran masyarakat untuk hemat dalam pemakaian air bersih sangat dianjurkan di masa-masa seperti sekarang ini, sebab musim kemarau panjang akan berlangsung hingga akhir tahun.(Get)