Berita Utama

Angka Pencari Kerja di Kabupaten Merauke Meningkat

Merauke - Jumlah pencari kerja yang mengurus kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Merauke terus meningkat hingga mencapai 2000 orang.

Kepala Disnakertrasn Merauke, Kleopas Ndiken menyampaikan, data tersebut tercatat sejak Januari sampai awal September 2023.

"Banyak yang mjnta kartu kuning berkaitan dengan lowongan pekerjaan dan seleksi untuk penerimaan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dibuka pemerintah," terang Kleopas, Selasa (19/9/2023) di Merauke.

Bahkan, dua bulan terakhir di Bulan Agustus dan September ini ada begitu banyak pencari kerja yang mengurus kartu kuning di Disnaker. 

Secara keseluruhan tenaga kerja yang bekerja pada perusahan besar maupun kecil di Kabupaten Merauke sekitar 13.000 orang. Warga negara asing (WNA) sebanyak 34 orang. 1 orang berkebangsaan Malaysia, 4 dari Cina, dan 30 orang berkebangsaan Korea. WNA ini tersebar di perusahan besar yang berinvesatasi di Merauke.

"Paling besar di perusahan Korindo sebanyak 3000 karyawan, PT BIA sekitar 2000 ditambah yang kecil-kecil jadi sekitar 13.000. Belum lagi perusahan kecil di Kota Merauke yang tidak rutin melapor ke kita," tutup Kleopas.(Get)