Berita Utama

Safari Pemilu 2024 di Papua Selatan Diikuti Berbagai Pihak

Merauke - Guna menyukseskan Pemilu 2024 dan terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif di Provinsi Papua Selatan (PPS), Pimpinan TNI, Polri, Pemprov dan penyelenggara dari KPU dan Bawaslu mengadakan safari Pemilu.

Sinergitas para pihak tersebut untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing dan memastikan pelaksaannya berjalan tepat waktu. Sekda Papua Selatan Drs. Madaremmeng mewakili Pj Gubernur PPS, Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo menyebut, Pemerintah provinsi bersedia mendukung dari sisi anggaran dalam rangka melancarkan semua proses dan tahapan Pemilu di Papua Selatan.

"Pemerintah sangat membutuhkan sinergitas semua pihak terutama TNI dan polri dalam menjamin situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta berkolaborasi mensukseskan Pemilu 2024," ucap Sekda PPS, Selasa (10/10/2023) di Swissbel Hotel Merauke.

Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, kesempatan berikut mengatakan setiap mendekati Pemilu, Polda Papua selalu mengundang semua pihak untuk menerima masukan dan saran dan berkomitmen menjamin Pemilu sukses terlaksana, aman dan damai.  

"Kita harus pastikan bahwa pelaksanaan Pemilu bisa berjalan tepat waktu. Konflik Pemilu tidak mengulang seperti yang terjadi sebelumnya, untuk itu penyelenggara harus bersih dan meletakan dasar dengan baik agar tidak berulang kasus yang sama," tegas Irjen Pol Mathius.

Safari Pemilu 2024 di Provinsi Papua Selatan.

Kepada Anggota Polri maupun TNI diingatkan tetap utamakan netralitas dan semua peserta politik juga diminta berpolitik yang santun. Terutama para calon, Parpol maupun masyarakat diajak tidak terlibat dalam politik praktis supaya melahirkan pemimpin yang betul-betul amanah untuk daerah.

"Mari kita bangun Papua Selatan supaya menjadi contoh bagi Papua lainnya. Carilah pemimpin terbaik yang bisa layani Papua Selatan."

Kapokhasli XVII/Cenerawasih Brigjen Ahmad Fauzi menyampaikan TNI siap membackup pengamanan Pemilu 2024 dengan aman dan damai. Mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih, ia memastikan TNI tidak berpihak dan tidak terlibat apapun.

"Kita akan berbuat yang terbaik untuk rakyat dan membackup Polri dalam pengamanan Pemilu," ucap Ahmad

Kabinda Papua, diwakili Kabag Ops Binda Papua Kolonel Inf. Leo Rajendara kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa Badan Intelijen Daerah Papua akan bekerja sesuai tupoksi yakni menyebabarkan informasi intelijen demi keamanan daerah.

Pertemuan yang dihadiri pimpinan dan pengurus Parpol se-Papua Selatan ini diakhiri dengan tanya jawab membahas berbagai soal yang muaranya untuk menemukan solusi guna mensukseskan Pemilu 2024.(Get)