Berita Utama

Romanus Mbaraka Intruksikan OPD Penerima Otsus 2024 Segera Desain Kegiatan

Merauke - Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka menginstruksikan kepada para OPD penerima dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2024 segera lakukan desain kegiatan. 

Mengingat tanggal 1 November nanti akan ada evaluasi berjenjang oleh pemerintah Provinsi Papua Selatan, dan pemerintah pusat untuk pemanfaatan Otsus di 2023 dan perencanaan tahun berikutnya. 

"Sehingga penguraian giatnya sudah harus dilakukan. Penegasan saya ke pimpinan OPD bahwa dana Otsus ini khusus untuk orang asli Papua, maka uang ini betul-betul didesain untuk OAP sehingga tujuan nasional terukur bahwa orang Papua maju dengan adanya alokasi dana ini. Minimal jalan, jembatan, perumahan kita buat untuk OAP dan anak asli Papua kita sekolahkan dengan uang ini," ungkap Romanus, Selasa (14/10/2023) di Bappeda-Litbang Merauke. 

Pertemuan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Sekda Yermias Ndiken dan Kepala Bappeda-Litbang Rino Tahya bersama OPD penerima dana Otsus.

Alokasi dana Otsus untuk 2023 sebesar Rp 324 miliar. Angka ini terbilang cukup besar dan diharapkan telah dimanfaatkan sesuai peruntukan dan tepat sasaran. Demikian disampaikan usai pertemuannya dengan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Merauke yang digelar di Kantor Bappeda-Litbang. 

Untuk Otsus 2024, kembali Romanus ingatkan agar OPD terkait lebih utamakan sektor prioritas seperti pendidikan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat asli Papua.(Get)