Berita Utama

Dua TPS di Distrik Merauke Ditemukan Terjadi Kekurangan Surat Suara

Merauke - Ketua PPD Distrik Merauke Daniel Taraneno mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa terjadi kekurangan surat suara di TPS 04 Kelurahan Kamundu dan TPS 20 Kelurahan Mandala, Rabu (14/2/2024). 

Namun, mengingat sudah momen pelaksanaan pencoblosan maka kekurangan tersebut tidak bisa lagi dilakukan penambahan dan hanya dicatat sebagai temuan.

"Yang harus kita lakukan adalah petugas KPPS membuat catatan khusus untuk dijadikan sebagai dasar terkait surat suara," ujar Taraneno di TPS 20 Kelurahan Mandala Merauke. 

Proses pencoblosan dimulai sekitar jam 09.00 WIT hingga jam 01.00 WIT batas akhir. Sementara penghitungan surat suara akan dimulai jam 01.00 WIT. 

Sementara Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama istri Imelda Karolina Mbaraka juga memilih di TPS 20 Kelurahan Mandala. Sebagai pimpinan daerah, Romanus mengajak masyarakat pemilih untuk datang ke TPS memilih calon pemimpin dengan harapan angka partisipasi pemilih bisa capai 90 persen. 

"Karena ini menentukan nasib bangsa, nasib daerah kita lima tahu ke depan. Ini wajib kita dorong, cuma ada beberapa hal yang berubah beberapa nama diacak tempat TPSnya," pinta Romanus. 

Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan ibu Karolina Imelda Mbaraka saat menyoblos di TPS 20 Kelurahan Mandala, Distrik Merauke.

Ia memastikan pelaksanaan pemilihan serentak dilaksanakan di 22 distrik di Kabupaten Merauke. Ketua KPU Merauke, Rosina Kebubun menargetkan pemilu 2024 meningkat dari partisipasi pemilu 2019 yaitu 77 persen. 

"Kita harapkan partisipasi bisa lebih dari 77 persen dari pemilu sebelumnya, partisi makin meningkat," Usai pencoblosan, bupati bersama rombongan Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun, TNI, Polri dan Bawaslu melakukan pantauan di TPS seputar Kota Merauke.(Get)