Berita Utama

Aksi Solidaritas dan Doa Bersama Tragedi Bom Surabaya Diserukan dari Ujung Timur Indonesia

Aliansi Organisasi Masyarakat (ormas ) Kabupaten Merauke melakukan aksi solidaritas dan doa bersama tragedi bom Surabaya yang terjadi Minggu (13/5) di 3 Gereja. 
 
Diawali dengan long march dari Taman Mandala menuju ke Lingkaran Brawijaya Merauke sambil menyampaikan pernyataan sikap dan mengajak seluruh rakyat, Pemerintah RI dari pusat hingga daerah dan satuan TNI/Polri untuk bersatu mempertahankan NKRI tetap aman dan utuh dengan melawan teroris.
 
"Ini sebagai aksi keprihatinan kami di Ujung Timur Indonesia terhadap peristiwa bom yang terjadi 13 Mei 2018 di Surabaya. Bahwa kami Aliansi Ormas dengan ini menyatakan sikap, mengutuk dengan keras segala tindak radikal dalam bentuk terorisme di wilayah NKRI," teriak Koordinator kegiatan, Yosep Gebze, Senin (14/5).
 
Lebih lanjut dikatakan bahwa Aliansi Ormas Kabupaten Merauke menyampaikan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya kepada korban tindak terorisme dan mendoakan semoga arwah korban diterima di sisi TYMK. 
 
Poin berikutnya, mendesak pemerintah, Presiden RI, Polri, TNI dan Badan Intelijen Negara untuk mengusut tuntas pelaku teroris serta jaringannya dan memutuskan jaringan radikal dari bumi Indonesia. 
 
Mengajak setiap komponen masyarakat membangun solidaritas bersama untuk melawan terorisme dan paham radikal, menghimbau setiap komponen bangsa agar tidak menyebar video, foto atau gambar yang menimbulkan kecemasan atau keresahan bagi masyarakat luas.
 
Dan yang terakhir pentingnya membuat gerakan bersama dibawa koordinasi kelompok ormas dalam menolak dengan tegas tindakan radikalisme serta menegakan kembali nilai-nilai Pancasila khususnya pada sila ke dua kemanusiaan yang adil dan beradab.
 
Ratusan orang yang tergabung dalam aksi ini diantaranya, dari Fox Point Indonesia, GMKI Cabang Merauke, Presidium PMKRI Cabang Merauke, HMI, Mahasiswa UNMUS, KMMI, GP Ansor , Pemuda Katolik Cabang Merauke, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.
 
Selanjutnya, diakhiri dengan pemasangan seribu lilin dan doa bersama di halaman Pos Penjagaan Satuan Lalu lintas Polres Merauke di Lingkaran Brawijaya Merauke.