Berita Umum

Bidang SD Dinas P dan K Adakan Olimpiade Sains Nasional

Dinas Pendikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke menyelenggarakan olimpiade sains nasional tingkat SD tahun 2018, Senin (5/3). Perlomban dalam rangka mengukur kapasitas kemampuan, skil dan prestasi siswa agar dapat berajang di tingkat nasional dalam bidang studi matematika dan IPA (MIPA).

“Yang berhasil meraih juara satu dan dua akan kita persiapkan untuk mengikuti lomba di tingkat Provnsi dan nasional,” jelas Kasie Siswa dan Kurikulum Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Yohanes B. Krisno,S.Pd di Aula Hotel Akad Merauke.

Katanya, kemampuan anak-anak Merauke dalam bidang MIPA cukup tinggi, hanya saja belum terbiasa melakukan ajang lomba atau cerdas cermat dan tidak ada alat peraga. Tahun 2018, di bidang Sekolah Dasar  Merauke baru masuk tahun kedua pelaksanaan lomba sains bidang MIPA. Tahun 2017, satu siswa SD asal Merauke berhasil naik ke level national dalam perlombaan yang dipusatkan di Riau.

Ia mengatakan, saat ini Merauke tidak memiliki alat atau media peraga untuk eksperimen MIPA  tingkat SD menjadi satu kendala yang perlu diperhatikan pemerintah . “Seharusnya kita miliki ini dari dasar baru naik ke tingkat SMP, supaya anak terbiasa. Selama ini rata-rata kreatifitas guru yang menyiapkan,” tandasnya.Perlombaan kali ini diikuti sejumlah SD yang ada di Kota dan pinggiran Kota Merauke sebanyak 60 siswa.