Berita Utama

Gusti Randa: Cabor Gulat Belum Digemari Rakyat Indonesia

Merauke, - Wakil Ketua Umum Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Pusat, Gusti Randa mengatakan Cabor Gulat masih harus disosialisasikan agar lebih membuming, karena belum digemari rakyat Indonesia. Menurutnya, Gulat Amatir di Indonesia masih tidak begitu marak karena belum banyak orang mengenal cabor berat ini.

 

Bukan sekedar sosialisasi semata, tetapi lebih diperkenalkan melalaui event atau jenjang kejuaraan dan prestasi. Begitu pula dengan memasukan cabor gulat dalam pelajaran olahraga di jenjang pendidikan, sehingga generasi akan lebih mengenalnya.

 

Dalam perhelatan PON XX Papua 2021, Cabor gulat dipertandingkan di Klaster Merauke di Gor Head Sai sejak Jumat (08/10). Minat penonton nampak cukup tinggi, karena di Papua khususnya Merauke terdapat gulat tradisional yang baru diketahui oleh PGSI. Menurut Gusti Randa akan sangat bagus untuk dikembangkan dikolaborasikan dengan gulat amatir. 

 

"Dari postur tubuh, Papua sangat memadai untuk menjadi atlet gulat," terang Gusti dalam Konferensi Pers di Media Center PB PON XX Klaster Merauke, Sabtu (09/10).

Konferensi pers di Media Center PON XX Klaster Merauke. Foto-Getty.

 

Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Provinsi Papua, Yopi Murib mengutarakan bahwa perkembangan gulat di Papua sempat terhenti beberapa tahun terkahir. Dengan adanya Papua sebagai tuan rumah PON XX, maka pengurus Provinsi Papua melakukan pelantikan lima pengurus cabang di daerah sebagai syarat untuk memenuhi sebagai peserta PON.

 

"Jadi ke depan, ini tugas kami dengan daerah untuk lebih memperkenalkan gulat ke masyarakat dengan tetap mengikuti petunjuk dari pusat," ujar Yopi.

 

Ketua PGSI Kabupaten Merauke, Yohanis Samkakai mengatakan akan membangun komunikasi dengan Pemerintah Daerah dan Koni Merauke agar gulat dapat dikembangkan lagi.

 

Yohanis Samkakai membenarkan bahwa Papua atau Merauke sangat berpotensi untuk menaikan atlet-atlet gulat sebab secara cultur, itu sudah dimiliki sejak dahulu.

 

"Perlu sarana parasarana penunjang, pembinaan bibit gulat, dan mengadakan perlombaan berjenjang sehingga masyarakat semakin tertarik," imbuhnya.

 

Lebih dari itu, pihaknya berharap pertandingan Cabor gulat PON XX di Merauke berjalan baik, aman dan lancar.(Get)