Berita Utama

Ribuan Siswa SMA di Merauke Ikuti Ujian Sekolah

Merauke - Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Merauke Antonio Liberto Ohoitimor mengatakan bahwa pelaksanaan ujian sekolah jenjang SMA se Kabupaten Merauke tahun pelajaran 2021/2022 mulai dilaksanakan dan diikuti 19 SMA.

Belasan SMA ini ada di bawah naungan Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua. Jumlah siswa yang mengikuti ujian dari jurusan IPA 1253 siswa dan 908 dari jurusan IPS, dari total keseluruhan 2162 siswa.

"Tahun ini bentuk soal dikoordinir langsung oleh MKKS dan diberi kepercayaan kepada sekolah-sekolah untuk menyusun soal sesuai dengan bentuk pelaksanaan di sekolah masing-masing," terang Ketua MKKS Antonio Liberto, Senin (21/3/2022) di SMA Yos Sudarso Merauke.

Suasana ujian sekolah tingkat SMA di SMA Yos Sudarso Merauke. 

Disampaikan, di dalam pelaksanaan ujian dibagi dalam empat bentuk penyajian soal yakni dalam bentuk dicetak, bentuk tablet, infocus, dan melalui komputer. Kurang lebih pelaksanaan ujian berlangsung selama satu minggu ke depan. 

Kemudian, akan dilanjutkan dengan ujian praktek. Sebagaimana diketahui ada dua kompetensi yang diukur dalam ujian sekolah kepada siswa kelas XII yakni kompetensi pengetahuan dan praktikum.

"Ada 14 mata pelajaran pengetahuan dan parktik, jurusan IPA sebanyak 8 mata pelajaran dan IPS ada 6 mata pelajaran," sebutnya. 

Bagi siswa yang sementara terpapar covid-19 tetap diberikan pelayanan untuk menjalankan ujian. Begitu pula siswa yang sementara ditahan di Bapas Merauke.(Get)