Berita Utama

Perwakilan OPD Merauke Ikuti Workshop E-Government Penerapan SPBE

Merauke - Dalam mendukung transformasi digital dan integrasi SPBE di Kabupaten Merauke, Dinas Kominfo Kabupaten Merauke menyelenggarakan Workshop E-Government terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. 

Tujuannya tidak lain bahwa penyelenggaraan pemerintahan sudah harus memanfaatkan teknologi informasi yang akan memberikan layanan kepada pengguna untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

"Mengapa ini dilakukan, di zaman sekarang kita dituntut untuk menggunakan sistem pelayanan digital. Jadi, kita buat pelatihan kepada perwakilan dari masing-masing OPD agar semua terintegrasi dalam satu sistem pelayanan," terang Kabid Pengembangan Layanan Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Sabar Samosir, S. IP di Halogen Hotel, Selasa (11/10/2022). 

Dinas Kominfo akan melakukan pendataan kembali kepada OPD yang membuat aplikasi tanpa melakukan koordinasi dengan Dinas Kominfo sebagai dinas teknis. Sehingga sistem aplikasi yang dibuat tidak tumpang tindih atau pendobelan yang berakibat pada pemborosan anggaran.

Harusnya, seluruh OPD mesti berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk membuat perencanaan yang baik sebelum membuka aplikasi di masing-masing dinas dan semua harus terdata di Kominfo. 

"Karena ada assesment SPBE yang harus kita laporkan ke Kemenkominfo," tutur Sabar.(Get)