Berita Utama

Puncak HUT ke-72, IDI Merauke Selenggarakan Berbagai Kegiatan

Merauke - Di puncak HUT ke-72 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tahun 2022, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Merauke melakukan berbagai kegiatan dan pemotongan tumpeng. 

Diawali dengan jalan sehat bersama, zumba, talk show tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sosialisasi kesehatan dan pembagian doorprize, tepatnya pada Sabtu (22/10/2022) di depan Monumen Kapsul Waktu Merauke.

Kegiatan masih akan berlanjut pada tanggal 24 yakni mengadakan bakti sosial di Panti Asuhan, donor darah khusus dokter secara serentak seluruh Indonesia, bahkan masih banyak lagi yang akan dilakukan hingga akhir Desember 2022.

Di antaranya, kunjungan ke tempat yang perlu mendapat perhatian untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan. Ada pula dokter masuk sekolah untuk sosialisasi PHBS di tingkat Sekolah Dasar, sedangkan di tingkat SMP dan SMA penyampaian akan bahaya narkoba, alkohol, rokok dan edukasi seksual.

"Untuk pelayanan ke masyarakat, kita para dokter harus solid karena yang diutamakan adalah kesehatan masyarakat bukan diri kita sendiri," ujar Ketua IDI Merauke, dr. Mario Simatupang pada sela-sela kegiatan. 

Dokter Mario mengatakan tema HUT IDI kali ini adalah Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat Satu IDI Terus Maju. Tema tersebut menegaskan bahwa di Indonesia hanya IDI satu-satunya yang diakui UU. Ke depan, perlu ada penambahan dokter spesialis untuk di wilayah Merauke, sebab jika dilihat dari jumlah 203 dokter yang ada dan tersebar sampai ke Mappi, jumlah dokter spesialis masih sangat kurang. 

"Kita masih perlu penambahan dokter spesialis sehingga program ke depan akan menyekolahkan dokter asli Merauke supaya dapat kembali mengabdi di Merauke," sambung dr. Mario. 

Sementara Ketua Panitia HUT IDI 2022, dr. Hendra Sihombing menegaskan kiprah IDI harus menjadi berkat bagi masyarakat. "Kita hadir supaya menjadi berkat, yang sakit kita berusaha untuk sembuhkan, dan yang sehat diharapkan tetap sehat.

Dokter Hendra menyebut, segenap unsur TNI, Polri dan masyarakat dilibatkan dalam meriahkan HUT IDI yang digelar Sabtu pagi tadi.(Get)