Berita Utama

KPU PPS Terima Dokumen Dukungan Bakal Calon Anggota DPD Perseorangan

Merauke - Waktu penyerahan dukungan bakal calon perseorangan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Papua Selatan mulai dilaksanakan sejak tanggal 26 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

Kamis (5/1/2022) bakal calon perseorangan Anggota DPD dari PPS atas nama Adib Fuad mendatangi KPU Provinsi Papua Selatan guna menyerahkan syarat dukungan dan pesebarannya. Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

"Selanjutnya KPU PPS melakukan verifikasi administrasi terkait dengan kelengkapan dan kesesuaian dokumen," ujar Fransiskus A. Letsoin selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi Papua yang ditugaskan ke Provinsi Papua Selatan usai menerima dokumen. 

Dikatakan, syarat bakal calon Anggota DPD perseorangan pada Pemilu 2024 minimal jumlah pendukung 1000 orang dan pesebarannya 50 persen dari jumlah kabupaten di PPS. Sejak dibuka pendaftaran, sudah 19 bakal calon yang mendapatkan akses SILON. Selanjutnya di tanggal 9 Januari - 22 Januari 2023 adalah proses verifikasi yang dilakukan oleh KPU PPS.

Penyerahan dokumen dukungan bakal calon Anggota DPD RI PPS di Kantor KPU PPS.

Sementara itu, peserta penyerahan dokumen Adib Fuad mengutarakan keinginannya untuk maju sebagai anggota DPD RI berangkat dari keterpanggilan untuk mewakili Provinsi Papua Selatan. 

"Ya ini untuk politik kebangsaan kita, bukan politik praktis. Dukungan penyebaran saya dapatkan dari Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat," ucapnya. 

Namun, lanjut Fuad, dukungan terbanyak adalah dari Kabupaten Merauke. Keseluruhan total dukungan yang didapat dari empat kabupaten sebanyak 1549 atau melampaui ketentuan yang disyaratkan yakni 1000 pendukung. 

"Kalau nanti diizinkan terpilih, kita akan menjaga amanah yang dipercayakan," tandas Fuad. 

Adib Fuad merupakan Ketua Majelis Ta'lim Kimyatus Sa’adah Papua dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Papua.

Aktifitas sehari-hari sebagai penceramah.(Get)