Berita Utama

Ibadah Bersama Mengawali Aktivitas Pemerintahan di Pemkab Merauke

Merauke - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada awal tahun 2023 ini Pemkab Merauke membuka aktivitas pemerintahan dengan ibadah atau doa bersama. 

Semula ini digagas oleh Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sebagai bentuk ucapan syukur atas rahmat Allah pada kehidupan yang telah berlalu dan memohon penyertaan Tuhan memasuki awal tahun yang baru. Masing-masing ASN berkumpul berdasarkan keyakinan secara Katolik, Kristen Protestan, Islam, Hindu dan Budha dan melakukan doa dan ibadah sesuai tata cara agamanya masing-masing. 

"Pembukaan awal tahun ini kita awali dengan beribadah kepada Tuhan karena sebelumnya banyak peristiwa besar yang Tuhan berikan untuk Merauke," ucap Romanus Mbaraka dalam arahannya setelah mengikuti misa kudus secara Katolik yang dipimpin oleh tiga pastor, Jumat (6/1/2023) di Auditorium Kantor Bupati setempat. 

Sebelumnya dalam homili Pastor Kayetanus mengajak seluruh ASN bekerja dengan jujur, takut akan Tuhan, melakukan perbuatan kasih dan menjadi duta perdamaian serta persaudaraan dalam pelaksanaan tugas dan di tengah masyarakat. Juga menjalin hubungan baik dengan semua orang tanpa memandang perbedaan, terlebih lagi memiliki iman yang teguh agar mampu melewati berbagai tantangan dan cobaan. 

Romanus Mbaraka kembali membagi kisahnya sebagai motivasi kepada ASN Katolik bahwa ketika berjalan dengan iman yang teguh akan Kristus Tuhan serta lebih mendekatkan diri pada-Nya, maka segala niat baik selalu dimudahkan dan Allah senantiasa menuntun ke jalan yang benar. ASN diajak punya hati yang penuh kasih kepada sesama terlebih kepada mereka yang susah, menderita dan benar-benar membutuhkan uluran tangan. 

Suasana misa syukur awal tahun 2023 di Kantor Bupati Merauk.e

Selain itu, secara iman, skill dan ekonomi siap bersaing, bahwa iman harus berbuah melalui pelayanan yang dipercayakan dalam tugas dan tanggung jawab. Bekerja dengan jujur dan patuhi aturan atau ketentuan yang sudah diamanahkan yaitu menghindari tindakan KKN. 

"Saya harap kita tidak melakukan itu. Lebih baik makan apa adanya dari pada mengambil dan makan hak orang. Mari jadilah terang bagi sesama dengan berlandaskan kasih Tuhan," ungkap Romanus. 

Ketua Komunitas ASN Katolik Kabupaten Merauke, Yoseph Gebze dalam sapaannya menyampaikan tugas ASN adalah mempersatukan dengan semangat moderasi beragama dengan agama sahabat. Kerja sama dalam keberagaman menjadi satu kesatuan yang kokoh untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara sehingga seluruh pembangunan berjalan dengan baik guna mencapai kesejahteraan bersama. 

"ASN Katolik mempunyai beberapa kegiatan yakni bimbingan mental, iuran wajib untuk kegiatan sosial dan akan dijadwalkan untuk dilakukan ibadah rutin bersama dengan waktu yang akan disepakati," tandasnya.(Get)