Berita Utama

Pesawat Lion Air JT-797 Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke

Merauke - Kamis, (26/1/2023) sekitar Pukul 09.10 Wit, Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-797 tujuan Merauke-Jayapura gagal berangkat dari Bandara Mopah Merauke akibat sayap kanan pesawat menabrak garbarata.

Berdasarkan jadwalnya, Lion Air JT-797 berpenumpang 126 orang itu take off pukul 09.10 Wit menuju Jayapura. Namun, penerbangan harus di cancel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Hasil pantauan saya di lapangan sepertinya human eror. Kesalahan ada pada pilot yang tidak berhati-hati," ucap Kapolres Merauke. AKBP Sandi Sultan di Bandara Mopah Merauke pasca kejadian. 

Ratusan penumpang memilih tidak berangkat, sementara pilot bersama crew menjalani pemeriksaan kesehatan dan urine. Penumpang akan melanjutkan perjalanan besok dengan pesawat lain. Dari hasil pemeriksaan oleh Kasat Narkoba Polres Merauke, AKP. Isak Runtulalo, SH menyebut dari tujuh crew yang diperiksa hasilnya negatif dan dalam posisi sehat. 

Kondisi sayap kanan peswat Lion Air pasca tabrak garbarata Bandara Mopah.

Insiden tersebut, garbarata Bandara Mopah mengalami kerusakan alias pecah bagian ujung, sementara sayap kanan pesawat tergores dan penyok. Tidak ada korban jiwa namun penumpang menjadi trauma dan kecewa karena tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Ernawati salah satu penumpang Lion Air mengaku terkejut saat kejadian. Anehnya, dirinya baru ketahui kalau telah terjadi tabrakan dari informasi penumpang yang ada di belakang yang melihat kronologi secara langsung. 

"Kita bersyukur kita tidak jadi berangkat, kita masih dikasi keselamatan," ungkap Ernawati (Get)