Berita Utama

Gedung Keuskupan Agung Merauke Bantuan APBN Rampung Dikerjakan

Merauke - Gedung Keuskupan Agung Merauke Papua Selatan, yang dibangun dengan APBN senilai 23,9 miliar akhirnya rampung dikerjakan pada akhir tahun 2022. 

Pengerjaan bangunan dua setengah lantai ini dimulai sejak Juni 2022 dan berakhir Desember 2022. Bangunan tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR dan dukungan dari Menteri PMK, dengan luas bangunan 1.946 meter persegi, terdapat 23 ruangan yang terbagi 18 di lantai 1 dan lima ruangan di lantai 2.

Rabu (15/2/2023), Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua, Corneles Sagrim secara resmi menyerahkan kunci kepada Uskup Keuskupan Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC didampingi Pj. Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan tinjauan ruangan. 

Pemotongan pita di pintu masuk Gedung Keuskupan Agung Merauke oleh Uskup Agung Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC dan Pj Asisten 1 Setda Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno

Dengan berdirinya gedung megah bantuan Pemerintah pusat itu, tentu memberikan rasa bangga kepada Uskup, para imam, suster dan umat Katolik di Selatan Papua karena butuh waktu bertahun-tahun Gedung Keuskupan Agung Merauke dapat terwujud. 

"Saya merasa senang dan bahagia. Luar biasa bantuan dari Kementrian PUPR dan dukungan dari Pak Mentri PMK. Tetapi yang paling utama saya ucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi karena kantor ini diberikan lewat izin dari Presiden Jokowi," ungkap Mgr. Mandagi di Jalan Raya Mandala Merauke.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua. Corneles Sagrim

Mgr. Mandagi sangat mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dalam masa kepemimpinan Jokowi yang telah berbaik hati menyiapkan sarana pelayanan baik bagi umat Katolik maupun bagi semua umat dan masyarakat yang ada sekitar. 

"Jadi gedung ini sebagai tanda kerukunan antar umat beragama," tutur Uskup Mandagi.(Get)