Berita Utama

Kesadaran Meningkat, Namun Pelanggaran Kasat Mata Masih Ditemukan

Merauke - Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Merauke terus melakukan hunting di jalan untuk memastikan masyarakat pengguna kendaraan bermotor mematuhi aturan lalulintas.

Seperti yang dilakukan dalam Operasi Zebra Cartenz tahun 2024 ini, pihaknya melakukan sweeping kendaraan selama dua pekan. Memasuki minggu kedua pelaksanaan sweeping diakui kesadaran masyarakat sudah cukup baik namun yang masih sering ditemukan pelanggaran kasat mata adalah tidak memakai helm, kendaraan tanpa kaca spion.

Kaur Bin OPS Lantas Polres Merauke, IPTU Purwanto mengatakan, meski masih ditemukan pelanggaran saat sweeping yang dilakukan pihaknya, namun kesadaran masyarakat sudah lebih baik dari waktu ke waktu.

"Kalau secara kasat mata masih ada yang tidak pakai helm dan tidak memasang kaca spion. Kalau yang tidak lengkap surat-surat kita tahan motornya untuk sementara," ujar Purwanto di sela-sela pelaksanaan sweeping di Halaman Lantas Merauke, Jumat, (25/10/2024). 

Masyarakat diajak lebih tertib dalam berlalu lintas dengan menjadi polisi bagi diri sendiri dalam hal patuhi aturan di jalan, lengkapi kelengkapan kendaraan, tidak berkendara dalam keadaan alkohol, tidak kebut-kebutan, dan memiliki surat izin mengemudi, STNK yang aktif.

Baca Juga: KPU Merauke Lebih Masif Bersosialisasi Tentang Pilkada untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

"Karena kita wajib menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain," pungkasnya.(Get)