Berita Utama

Koni PPS Segera Ajukan Atlit dan Nomor Cabor PON 2024

Merauke - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Selatan (PPS) dalam waktu dekat akan mengajukan nama-nama atlit dan nomor-nomor cabang olahraga untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. 

Wakil Ketua III KONI Papua Selatan, Jeffry Reynold Wayne Papare menyatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan rapat kerja untuk mengecek kesiapan seluruh pengurus cabang olahraga di Papua Selatan. Segenap pengurus provinsi (Pengprov) diminta untuk mempersiapkan atlit-atlitnya dalam rangka PON Aceh-Sumut. 

"Kami sudah memberitahukan mereka (pengprov) agar segera mendaftarkan nama-nama atlit dan nomor-nomor lomba apa yang akan diikuti. Karena nanti hari Selasa, 20 Juni 2023 kami akan rapat dengan Koni Pusat serta pengurus pusat dan pengurus besar di Jakarta untuk membicarakan masalah kuota atlit dan nomor lomba," kata Papare, Sabtu (17/6/2023). 

"Berdasarkan hasil rapat itu, pengprov-pengprov yang sudah terbentuk memberikan kami nama-nama atlit dan nomor-nomor lomba. Kami akan bawa ke Jakarta untuk disampaikan kepada pusat," sambungnya. 

Lanjut disampaikan ada lebih dari 30 pengurus cabang olahraga Provinsi Papua Selatan yang terdaftar di Koni setempat. Yang telah memenuhi syarat administrasi sejumlah 26 pengprov. Untuk pengprov yang belum memenuhi persyaratan administrasi diharapkan dapat segera memasukkannya ke Koni. 

"Supaya di hari Senin, kami bawa serta ke Jakarta untuk bisa segera dimasukkan dan diusulkan untuk mengikuti PON 2024," ujarnya. 

Ditanya apakah semua cabang olahraga dari Papua Selatan akan mengikuti PON 2024? Papare menyatakan keikutsertaan atlit dan nomor lomba berdasarkan prestasi. Sesuai surat edaran Koni, calon peserta minimal atlit-atlit yang telah mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) maupun kejuaraan nasional (Kejurnas). 

"Tapi nanti kembali kita lihat lagi pengprov-pengprov akan mempresentasikan apakah mereka layak atau tidak. Mereka harus bisa meyakinkan Koni bahwa atlit-atlit yang disiapkan oleh mereka ini yang layak untuk ikut PON. Kalau memang tidak layak, ya tidak bisa," tuturnya. 

Papare menambahkan bahwa Koni Papua Selatan memiliki target atau jumlah cabang olahraga untuk dapat mengikuti PON Aceh - Sumut. Cabang-cabang olahraga unggulan di wilayah Papua Selatan identik dengan atletik, sehingga untuk atletik dapat dipastikan dapat mengikuti PON 2024.

Terlebih cabang-cabang olahraga yang sebelumnya ikut di PON Papua dan punya prestasi, itu sudah dipastikan ikut PON mendatang.(Get)