Berita Utama

Pemprov Papua Selatan Upayakan Penurunan Stunting di Empat Kabupaten

Merauke - Pemerintah Provinsi Papua (PPS) selenggarakan kegiatan rembuk stunting dan penilaian kinerja penurunan stunting bagi 4 kabupaten di PPS tahun 2023.

Kabid Perekonomian dan Sosial Budaya Baperida, Adrianus Tuyu mengatakan, tujuan dari Rembuk Stunting adalah mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi.

"Selain itu, membangun komitmen publik dalam kegiatan penurunan stunting secara terintegrasi di kabupaten, serta dapat menjadi dasar pengintegrasian program/kegiatan dalam mekanisme perencanaan dan penganggaran serta sebagai bahan publikasi/sosialisasi dan uji publik kebijakan penurunan stunting pada tingkat kabupaten," pungkasnya di Careinn Hotel Merauke, Senin (4/9/2023). 

Pj Gubernur PPS, Dr. Ir. Apolo Safanpo menyampaikan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan mengingatkan kepala daerah di Indonesia akan tiga program prioritas yakni penurunan angka inflasi daerah, angka kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting yang terus dipantau Presiden melalui laporan berkala setiap minggu dari kepala daerah.

Pembukaan kegiatan rembuk stunting dan penilaian kinerja penurunan stunting di PPS.

"Kita sebagai ujung tombak wajib melaksanakan dan implementasi program nasional karena ini tujuan besar yang harus kita capai bersama," seru Apolo Safanpo dalam membuka kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari itu. 

Stunting dikatakan jadi perhatian serius yang merupakan misi untuk mempersiapkan generasi di tahun 2045. Program pembanguan SDM ini dimulai sejak bayi dikandung di dalam rahim ibu sampai tumbuh menjadi remaja terus dilakukan pendampingan. Standar atau ukuran tertentu dipakai sebagai acuan harus diterapkan untuk menekan peningkatan stunting. 

"Mari kita melihat angka stunting di daerah kita masing-masing. Secara nasional berada di 21 persen, targetnya tahun 2024 turun menjadi 14 persen target nasional. Target ini harus tercapai guna mempersiapkan generasi unggul, cerdas, sehat dan berkualitas," ajak Apolo kepada peserta Tim Percepatan Penurunan Stunting yang berasal dari empat kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel. 

Kegiatan yang sama juga ada penilaian kinerja tahun 2023. Tujuan pelaksanaan Penilaian Kinerja Tahun 2023 adalah mengetahui aspek kinerja apa saja yang sudah baik atau yang masih perlu ditingkatkan dari setiap kabupaten di wilayah Provinsi Papua Selatan dan melakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi kinerja percepatan penurunan stunting Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Papua Selatan. 

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Rembuk Stunting dan penilaian kinerja adalah akan lahir komitmen Bersama untuk penanganan percepatan penurunan stunting di wilayah propinsi papua Selatan melalui penandatangan Berita Acara Komitmen Bersama. 

Kemudian, masing-masing kabupaten bisa mengevaluasi hasil kinerja dalam percepatan penurunan stunting melalui kegiatan 8 aksi konvergensi, semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja dalam penanganan stunting dan mendapatkan inovatif dalam pelaksanaan percepatan.(Get)