Berita Utama

Terlilit Jaring, Kapal Australia Dievakuasi ke Merauke

Merauke - Kapal layar berbendera Australia mengalami masalah dalam pelayarannya pada Rabu, 15 November 2023.

Sekira Pukul 19.09 WIT Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke menerima info dari Basarnas Command Center terkait kecelakaan kapal SV. Follow Trough berbendera Australia, Rabu (16/11/2023).

Dikatehui kapal tersangkut jaring saat posisi kapal pada koordinat 08°41'58.78'' S - 140°23'27.6" E di Perairan Laut Arafuru Kabupaten Merauke atau berjarak sekitar 21 kilometer dari Dermaga Merauke ke arah tenggara. 

Ini adalah pelayaran solo dengan satu orang nahkoda yakni Codi, pria berpasport Amerika Serikat. Pagi tadi pada Pukul 06.15 WIT, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke Alman S. Imbiri, S.E melalui Kepala Seksi Operasi mengerahkan 6 personil rescuer dengan mempergunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya pertolongan. 

Pukul 07.21WIT tim berhasil menemukan kapal tersebut dan selanjutnya dilakukan upaya pengawalan menuju ke Dermaga Navigasi karna kapalnya mengalami kerusakan pada bagian mesin. 

Upaya pertolongan oleh personil SAR Merauke terhadap Kapal Australia di Perairan Merauke

Pada pukul 14.00 WIT akhirnya kapal tersebut berhasil sandar di Dermaga Navigasi Merauke dan diterima oleh Kepala Seksi Operasi Reza Afriyanto, S.Sos bersama jajaran instansi terkait setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Imigrasi, Bea Cukai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Muara Sungai Maro. 

Codi dalam keadaan sehat saat naik ke dermaga dan kemudian diserahterimakan pada pihak agen kapal untuk proses selanjutnya hingga nantinya akan melanjutkan perjalanan kembali ke arah Tual seperti yang sudah Codi rencanakan di awal perjalanannya. 

“Saya sangat bahagia sampai disini, pelayanan dari Basarnas sangat bagus” ujar Codi saat berada di atas dermaga, demikian rilis Humas SAR Merauke, Kamis (16/11/2023).

Instansi yang terlibat dalam operasi SAR kali ini berasal dari Lantamal XI Merauke, KSOP Merauke, Satpolairud Polres Merauke, Imigrasi Merauke, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke.(Get)