Berita Utama

Rapat Evaluasi Subsidi Angkutan Udara Perintis Koordinator Wilayah Mopah Digelar

Merauke - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kantor UPBU Kelas I Mopah Merauke menyelenggarakan Rapat Evaluasi dan Monitoring Subsidi Angkutan Udara Perintis Koordinator Wilayah Mopah Merauke, Kamis (23/11/2023) di Swiss-belhotel Merauke. 

Ketua Panitia, Rotual Sitorus mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mengevaluasi dan memonitoring serta melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan penerbangan subsidi udara perintis Koordinator Wilayah Mopah Merauke agar dapat terlaksana sesuai UU Perhubungan, Perpres dan Permenhub sehingga dapat meningkatkan manfaat pelaksanan subsidi penerbangan di wilayah Merauke. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Selatan, Nelson Sasarari mengatakan hadirnya pemerintah adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga Rakor sangat penting untuk mencapai tujuan dengan hadirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) guna mencapai visi bersama yakni mensejahterakan masyarakat di wilayah PPS.

Penabuhan kandara pembukaan Rapat Evaluasi Subsidi Angkutan Udara Perintis Wilayah Mopah Merauke.

"Program subsidi penerbangan sudah dilakukan setiap tahun dan ada tiga komponen besar terlibat di dalamnya yaitu Pemerintah, UPBU Mopah dan Smart Aviation. Tiga komponen ini harus menjalankan tugas dan fungsinya dan perlu dilakukan evaluasi kinerja sebelumnya," pungkas Nelson dalam pembukaan Rapat Evaluasi. 

Peserta diharapkan berkontribusi memberikan masukan dan saran untuk mendorong pemerintah dalam mengambil, kebijakan, program dan anggaran. Ia menyebut, ada 11 rute yang dilayani Smart Aviation diharapkan berjalan lebih maksimal dan ditingkatkan ke daerah yang belum tersentuh sebab PPS masih masuk daerah 3 T sehingga perlu ada dorongan untuk masyarakat tersentuh pelayanan. 

"Keinginan masyarakat yakni murah, mudah dan cepat transportasi diharapkan dapat dicapai sampai wilayah pedalaman. Mari kita merumuskan ini agar tahun selanjutnya ada peningkatan dan kemajuan yang lebih dirasakan masyarakat," tandas Nelson sekaligus menabuh kandara membuka pelaksanaan rapat evaluasi.(Get)