Berita Utama

Dinkes Papua Selatan Kembali Menerapkan Prokes di Bandara dan Pelabuhan

Merauke - Dinas Kesehatan Provinsi Papua Selatan segera kembali menerapkan protokol kesehatan (Prokes) di Bandara dan Pelabuhan Merauke. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Selatan dr. Benedicta Herlina Rahanggiar mengatakan, penerapan kembali protokol kesehatan ini karena kasus Covid-19 jenis Omicron kembali meningkat di Indonesia. 

"Kita segera menerapkan protokol kesehatan di Bandara dan Pelabuhan. Selain itu akan akan jalankan vaksinasi, sehingga bagi masyarakat yang belum vaksin dasar maupun boster bisa segera mengikuti vaksin untuk meningkatkan kembali imun," terang Kadinkes PPS, 

Untuk melanjutkan pelaksanaan vaksinasi, Kementrian Kesehatan akan mengirimkan sejumlah vial vaksin Covid-19 untuk Dinkes PPS. Selanjutnya akan dibagikan ke dinas kesehatan di empat kabupaten Selatan Papua. Dia mengakui, bahwa Merauke dan tiga kabupaten lainnya belum ditemukan kasus baru, namun sangat perlu untuk dilakukan antisipasi pencegahan. 

Namun sebelum itu, Dinkes PPS akan melakukan rapat kerja bersama dengan para kepala dinas kesehatan se Provinsi Papua Selatan maupun Direktur Rumah sakit guna membahas hal tersebut. 

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat di Papua Selatan yang belum vaksin segera ikuti vaksin. Kami akan segera mengeluarkan edaran Gubernur Papua Selatan setelah rapat bersama," sambungnya di Swiss-belhotel Merauke, Senin (11/12/2023). 

Ia membeberkan gejala yang dialami pada varian baru hampir sama yakni demam, batuk pilek, nyeri-nyeri tulang dan bagi yang parah pasti sakit cukup berat. Ia menyarankan pola penanganannya, jika timbul gejala seperti demikian, segeralah memakai masker, lakukan pemeriksaan ke petugas kesehatan terdekat, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan tidak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.(Get)