Berita Utama

Asprov PSSI Papua Selatan Selenggarakan Kongres Luar Baisa

Merauke - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Papua Selatan selenggarakan konggres luar biasa untuk memilih pengurus definitif.

Konggres digelar di Care Inn Merauke, Sabtu (2/3/2024) dihadiri Plt Asprov PSSI Papua Selatan yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Muhammad. Dengan adanya pengurus definitif, berbagai program PSSI dapat dilaksanakan.

"Selamat untuk Provinsi Papua Selatan, karena dari beberapa daerah otonomi baru (DOB), Asprov Papua Selatan yang paling pertama kali menyelenggarakan kongres biasa dan luar biasa. Harapan kita dengan terbentuknya pengurus definitif, asprov ini bisa berjalan," kata Muhammad.

Terbentuknya pengurus definitif, banyak program yang dapat dilaksanakan dan bisa diselenggarakan kompetisi sepak bola sendiri, mengikuti Liga Tiga serta liga lainnya. Berbagai program itu diharapkan sinkron dengan program PSSI Pusat, sambung Muhammad yang merupakan Anggota Exco PSSI yang membidangi Ketua Komite Sepak Bola Usia Muda itu. 

"Saya tentunya tetap mendorong teman-teman asprov di sini khususnya untuk membina atlet usia muda. Saya yakin banyak talenta muda yang belum terlihat di sini dan ada beberapa anak yang akan menjadi punggawa kita," ujar dia.

Selain membina talenta-talenta sspak bola muda, Muhammad juga berharap agar Asprov Papua Selatan dapat memprogramkan kursus atau pelatihan wasit dan pelatih. Selain sebagai syarat dalam persepakbolaan, pelatih dan wasit yang berlisensi diyakini dapat membimbing dan membina atlet muda menjadi lebih kompetitif.

"Karena kalau anak-anak kita dilatih oleh pelatih yang notabene belum berlisensi, kalau dia mengajarkan sesuatu yang salah maka anak-anak kita akan salah. Perlu dicek berapa jumlah pelatih di sini, kalau banyak yang belum berlisensi, ayo kita bikin kursus, saya bantu dengan mengirim instruktur yang terbaik," pungkasnya.

Pembukaan dan foto bersama Konggres Luar Biasa Asprov PSSI Papua Selatan.

"Sekalipun saya sudah lepas dari jabatan Plt Papua Selatan, saya tetap membantu teman-teman di sini. Saya memberikan program sebanyak-banyaknya, bukan hanya program di nasional, tapi program internasional juga saya bantu. Kita ingin membangkitkan sepak bola di sini," tutup Muhammad.

Sementara Ketua Harian KONI Papua Selatan, Soleman Jambormias mengatakan siapapun yang dipercayakan menjadi pengurus Asprov PSSI Papua Selatan diharapkan dapat mengembangkan dan memajukan sepak bola di Papua Selatan.

"Siapa saja yang jadi ketua itu saudara-saudara kita semua. Yang mau jadi pengurus itu kita semua sama-sama gabung lalu kitong majukan sepak bola di Papua Selatan," kata Soleman Jambormias.

"Tidak usah pikir banyak. Kita buat dulu, kita sama-sama kumpul dan cari dana. Supaya sepak bola kita bisa bangkit dan maju. Jangan hanya cabang olahraga lain yang maju, tapi bola kaki yang begitu digemari seantero dunia ini juga harus maju," sambungnya.

Menyangkut kursus pelatih dan wasit, Soleman Jambormias meminta agar Asprov PSSI Papua Selatan melaksanakan kursus di Merauke, ibu kota Provinsi Papua Selatan. Sehingga banyak pelatih dan wasit yang bisa mengikutinya. Pemrov Papua Selatan siap mendukung pelaksanaan kursus dari sisi anggaran.

"Kita berharap dalam tahun ini pengurus Asprov Papua Selatan sudah buat kursus-kursus. Buat di sini saja, tidak usah kirim keluar. Tujuan kita supaya lebih banyak yang ikut. Kalau di luar kita hanya mampu untuk satu dua orang. Kami minta tolong Pak Muhammad untuk membantu kami terkait instruktur pelatih dan wasit," tutupnya.(Get)