Berita Utama

Masuk Hari ke Empat Anggota Lantas Polres Merauke Fokus Pelanggaran Kasat Mata

Merauke - Petugas Satuan Lantas Polres Merauke gencar laksanakan Operasi Keselamatan Cartenz 2024 yang kini masuk hari ke empat. 

Dalam pelaksanaannya, petugas Lantas mengutamakan kepatuhan secara kasat mata, salah satunya penggunaan helm yang baik. Sebab kebanyakan pengendara motor memakai helm namun tidak dikancing sehingga dikhawatirkan akan mengakibatkan benturan ketika terjadi senggolan atau kecelakaan. 

"Kita antisipasi saat terjadi senggolan agar kepala pengendara tetap aman," terang Kaur Binopsnal Satlantas Polres Merauke, IPTU Purwantoro mewakili Kasat Lantas AKP Novindriani di jalan depan Lantas Merauke, Kamis (7/3/2024). 

Kaur Binopsnal Satlantas Polres Merauke, IPTU Purwanto.

Saat hunting, petugas Lantas juga mensosialisasikan kepada masyarakat berkaitan dengan pentingnya keselamatan dengan mematuhi aturan lalu lintas. Sehingga kelengkapan surat-surat, SIM, kelayakan kendaraan tidak luput dari perhatian petugas. 

"Kalau kita lihat ada yang kenalpot racing dan tidak sesuai standar, kita arahkan ke kantor dan kita minta untuk diganti," sambung IPTU Purwantoro. 

Selama 14 hari pelaksana operasi keselamatan Cartenz 2024, diharapkan pengendara atau masyarakat punya kesadaran diri untuk tertib berlalu lintas sehingga menekan terjadinya kecelakaan selama berkendara.

Dari pantauan media ini, pengguna kendaraan sepeda motor cenderung tidak memakai helm dan ada pula yang memakai helm namun tidak dikancing atau diklik penahannya. Bahkan ada lagi yang hendak menghindari petugas karena takut ditilang. Padahal, jika semua mengikuti ketentuan, saat di jalan tidak perlu takut sama polisi Lalu Lintas yang menjalankan tugas. (Get)