Berita Utama

Balita dan Ibu Hamil Terima Bantuan Kesehatan Dari Pertamina Merauke

 
PT. Pertamina Merauke, Papua melalui program corporate social responsibility (CSR) Pertamina Sehati memberikan bantuan kesehatan, berupa program peningkatan gizi melalui pemberian makanan tambahan (PMT) kepada 28 anak dan ibu hamil kurang energy kliri (KEK) di kelurahan Kamahedoga, Kabupaten Merauke.
 
Operasional Head PT Pertamina Merauke, Jus D. Louhenapessy mengatakan, program kesehatan itu diberikan karena berdasarkan data yang diperoleh pihaknya, diketahui bahwa di kelurahan Kamahedoga dan di wilayah sekitar kantor Pertamina Merauke, masih ditemukan adanya gizi buruk yang dialami oleh sejumlah anak dan ibu hamil. 
 
“Informasi yang didapat dari Puskesmas Gudang Arang, tercatat dari tiga tempat posyandu terdapat sekitar 28 balita yang memiliki status gizi buruk dan kurang gisi. Serta 25 ibu hamil KEK,” kata Jus D. Louhenapessy di Merauke, Rabu (1/08).
 
Menurutnya, pemerintah daerah sudah sering memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat termasuk program kesehatan untuk menekan jumlah warga yang mengalami gizi buruk dan juga hamil KEK itu. Namun ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi munculnya kasus dimaksud diatas.
 
Dia menyebutkan, ada dua faktor yaitu ekonomi yang belum mapan, selain itu masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terutama orang tua untuk memperhatikan pentingnya asupan gizi  yang cukup bagi anak. 
 
“Jadi program ini kita fokuskan dulu di ring satu pertamina. Kami merasa prihatin ketika masih ada kondisi seperti ini  yang dialami oleh masyarakat yang ada di sekitar wilayah pertamina,” ujarnya. 
 
Program ini akan dijalankan selama tiga bulan kedepan dengan melakukan pendampingan dan juga sosialisasi kepada masyarakat setempat. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kondisi kesehatan balita gizi buruk, gizi kurang dan ibu hamil KEK.
 
“Yang mana program tersebut masuk dalam salah satu pilar CSR pertamina yaitu pertamina sehati,” ungkapnya.