Berita Utama

Satu Atlet Wushu Papua Selatan Siap Bertarung di PON Aceh-Sumut

Merauke - Pengprov Cabor Wushu Papua Selatan telah menyiapkan satu atletnya untuk bertarung di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 dengan target medali emas.

Ketua Pengprov Cabor Wushu Papua Selatan yang juga Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal XI Merauke Kolonel Laut (P) Suroto, M. Tr. Hanla mengatakan, atlet Wushu Papua Selatan atas nama Ibnu Rosi tengah melakukan pelatihan di Surabaya sekaligus mengejar jam terbang dengan mengikuti iven nasional maupun iven lokal sebelum ke PON.

Cabor Forki (Karate). 

"Kita sebenarnya ada 40 atlet namun yang memenuhi kualifikasi untuk PON hanya satu," ujar Kolonel Suroto di Sekretariat KONI Papua Selatan usai audiens dengan KONI yang dipimpin Ketua Harian 3 KONI Jeffry Papare dan Sekretaris KONI Antonio Liberto, Senin (13/5/2025).

Cabor Perpani (Panahan)

Ke depan, Kolonel Suroto menargetkan akan lebih memantapkan persiapan atlet Wushu setelah PON nanti dengan dibentuk pengurus di tingkat kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel. Selanjutnya diadakan pertandingan tingkat kabupaten dalam rangka menjaring atlet handal yang lebih banyak, supaya dapat dipersiapkan mengikuti iven-iven besar mewakili Papua Selatan.(Get)