Berita Utama

Menyerang Polisi, 27 Pemuda Merauke Diamankan

27 pemuda di Kota Merauke akhirnya diamankan ke Polres Merauke karena  melakukan pengerusakan mobil Kabag Ops dan penyerangan terhadap anggota Polres Merauke, Sabtu (24/11) di tempat kejadian keributan antar warga di Jl. Maluku Kompleks Belakang RSUD Merauke.
 
Berdasarkan keterangan salah satu saksi Bapak Emanuel Jebo selaku RT Kelurahan Karang Indah mengatakan, keributan berawal saat sekitar pukul 18.00 wit, di tempat itu didatangi seorang yang tidak dikenal menggunakan sepeda motor sambil membawa kampak. Melihat itu, muncul reaksi masyarakat yang berada di sekitar langsung menyerang orang tersebut.
 
"Mereka menganggap bahwa orang tersebut merupakan pelaku penculikan anak, dan orang tersebut berhasil melarikan diri," jelas Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung,SH, Minggu (25/11).
 
Lanjut Kapolres, mendengar kejadian tersebut Kabag OPS Polres Merauke AKP Leonardo Yoga, SIK, bersama delapan anggota, mendatangi tempat kejadian. Pada saat Kabag Ops melakukan dialog dengan warga, tiba - tiba datang massa kurang lebih 40 orang yang diduga dipengaruh minuman keras membawa alat tajam berupa parang, kampak, besi, balok, panah dan sebagian ada yang melakukan provokasi terhadap masyarakat lainnya.
 
Menyikapi situasi tersebut Kabag Ops berusaha untuk menenangkan massa namun tidak berhasil, selanjutnya Kabag Ops bersama anggota mundur, akan tetapi massa sudah tidak bisa dikendalikan kemudian  menyerang petugas dan kendaraan dinas Kabag Ops Polres Merauke secara brutal, yang mengakibatkan mobil rusak dan 3 orang anggota Polres terluka.
 
Kemudian Kabag Ops meminta bantuan ke Mapolres, tetapi massa tetap melakukan penyerangan dengan cara melempar batu, katapel dan mengkampak mobil kearah petugas secara membabi buta, selanjutnya anggota melakukan tembakan peringatan ke atas namun masa tetap menyerang aparat. 
 
"Tak lama kemudian anggota berhasil membubarkan massa dan mengamankan puluhan pemuda untuk dibawa ke Mapolres.
Akibat kejadian tersebut mobil dinas Kabag Ops rusak. Kaca depan picah, kap depan penyok, bodi kena kampak dan lemparan batu sedangkan anggota Polres 5 orang mengalami luka-luka," terang Kapolres Merauke.(geet)