Berita Utama

Tingkatkan Sadar Hukum Warga Pesisir Jadi Program Unggulan Satpol Air

Qick Wins adalah program unggulan kapolri dari program kerja akselerasi transformasi Polri menuju Polri yang mandiri, professional dan dipercaya masyarakat. Melanjutkan program ini, Satuan Polisi Air Polres Merauke, Papua melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) masyarakat pesisir. Terutama wilayah pesisir  perairan Torasi sampai di Muara Boven Digoel  yang susah didatangi petugas, dimana memilki potensi kerawanan, kecelakaan, timbulnya gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat dan penyelundupan.

“Selama ini kita mendatangi warga pesisir di sepanjang pantai 250 mil yang terdiri stas 70 kantong kampung  untuk berkomunikasi,memberikan pembinaan kepada mereka tentang Kamtibmas dan aturan-aturan yang harus ditaati warga pesisir,” jelas Kasatpol Air Merauke,AKP.Sakka Selasa (24/4) dalam arahannya  kepada masyarakat Pintu Air.

Katanya, Pintu Air termasuk daerah kota yang sering terjadi pelanggaran dan kriminalitas. Untuk itu sangat penting mereka selalu diberikan pemahaman tentang aturan hukum, hukum perairan, pola keselamatan di air, cara silahturahmi dan komunikasi satu sama lain setiap hari termasuk menghindari minuman keras (miras) tidak mabuk-mabukan.

“Tujuan kita bersama adalah meminimalisir persoalan yang sering terjadi dan meningkatkan sadar hukum bagi masyarakat melalui kegiatan  Quik Wins Binmas Pantai dalam rangka Harkamtibmas perairan Satuan Polair Polres Merauke di Pintu Air Kabupaten Merauke,” jelasnya. Kesempatan yang sama menghadirkan narasumber dari KP3 Laut, Satpol PP dan perwakilan dari kelurahan setempat untuk menyampaikan tugas dan fungsinya masing-masing.