Berita Utama

Drs. Marthen Gana Menjabat Kadisduk Capil Merauke

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tjahjo Kumolo Kamis (26/4), Wakil Bupati Merauke, Sularso  melantik  Drs. Marthen Gana menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Merauke, Papua, di Auditorium Kantor Bupati. Marthen Gana menggantikan pejabat lama Drs. Dominikus Yomkondo ( almarhum) ditandai dengan pengambilan sumpah janji  jabatan dalam pelantikan tersebut.

Pejabat terlantik diharapkan mampu menjalankan tugas sebagaimana tuntutan dalam peraturan UU yang berlaku terutama berkaitan dengan layanan dokumen kependudukan terhadap masyarakat harus ada perubahaan. “Sesuai instruksi Menteri satu jam selesai satu dokumen, bisa diwujudkan dalam pelayanan selanjutnya,” pinta Wakil Bupati Sularso dalam sambutannya.

Lebih lanjut pejabat dapat merangkul perbedaan yang terjadi antara semua staf dan pegawai, sehingga tidak terjadi pengkotak-kotakan yang berdampak pada pelayanan. Mencegah terjadinya pungutan liar,jujur, tulus dan ramah kepada semua masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Untuk menanggapi instruksi menteri harus satu jam selesai satu dokumen, saya kira kita akan pertimbangkan untuk di Merauke, mudah-mudahan bisa terlaksana. Karena selama ini Capil di Merauke terkendala dengan jaringan,” jelas Kepala Dinas terlantik, Marthen Gana kepada wartawan usai pelantikan.

Dia mengatakan, sarana pendukung kelancaran pencetakan E-KTP masih belum memadai hanya terdapat 2 unit alat cetak, perlu penambahan 5-6 buah. Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan wajib membawa atau memenuhi seluruh persyaratan agar dapat diproses dengan cepat.

Katanya, sementara ini total KTP yang sudah tercetak mencapai 122.000 dari wajib KTP 199.000. “Baru mencapai 60 persen dan masih harus mengejar 40 persen sisanya,” tandasnya.