Berita Utama

Ratusan Personil TNI AD Laksanakan Karya Bakti di Pendalaman Kabupaten Mappi

Merauke - Personil TNI AD Merauke akan melakukan karya bakti di Kampung Menya, Pasir Putih Distrik Pasu Kabupaten Mappi, Papua.

Di sana, 150 personil TNI AD akan membangun 20 unit rumah tipe 50 untuk masyarakat asli Papua, dengan jangka waktu pengerjaan selama kurang lebih selama dua bulan ke depan.

"Dengan kita membantu membangun rumah masyarakat, mereka tidak memikirkan lagi masalah tempat tinggal, sehingga mereka akan konsentrasi untuk kesejahteraan pangan dan sandang," ujar Komandan Kodim (Dandim) 1707/Merauke Letkol Czi Muh Rois Edy Susilo, Senin (7/3/2022) di Merauke.

Selain karya bakti, Kodim 1707/Merauke setiap tahun juga rutin bekerjasama dengan Pemkab Mappi dalam melaksanakan kegiatan TMMD mengingat TNI sangat mampu menjangkau daerah terpencil sehingga Pemkab setempat tetap menjalin kerjasama dengan TNI AD dalam rangka membantu pembangunan rumah warga di kampung pedalaman atau terisolir.

Kepada personil yang akan melaksanakan karya bakti, Dandim menyampaikan pesan dan penekanan untuk mengikuti prosedur, hindari pelanggaran yang dapat merusak citra TNI dan berupaya menyatu dengan masyarakat.

"Kita bergaul, berkomunikasi dengan masyarakat dalam hal dan tujuan menjaga wilayah pertahanan kita. Pesan saya, laksanakan tugas dengan baik. hormati, hargai dan jaga mereka dan rangkul mereka untuk bekerjasama dengan kita dalam rangka menyelesaikan pembangunan rumah," tegasnya.

TNI lanjut Dandim harus menjadi contoh dalam sikap dan perbuatan di tengah masyarakat. Untuk itu, sebagai pimpinan, Dandim akan melakukan pengecekan di lokasi pembangunan rumah guna memastikan progres dan hasil pengerjaan yang dilakukan nanti.

"Kerja dengan semangat dan ikhlas, jaga komunikasi yang baik. Kita harus menjaga wilaya pertahanan menjadi pusat ketahanan, kita harus mencegah kalau terjadi sesuatu dan masyarakat tetap NKRI," tandasnya.(Get)