Berita Utama

Ini Sejumlah Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kamundu

Merauke - Dari anggaran 1 miliar 60 juta dana kelurahan tahun 2022, ada sejumlah program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Kamundu, Merauke, Papua. 

Sebagian digunakan untuk dana rutin kantor, pengadaan sarana dan prasarana, dan sebaliknya untuk pembangunan pemberdayaan masyarakat. Kepala Kelurahan Kamundu, Fransiskus X. Kahol mengatakan untuk pembangunan rencananya ada pengadaan sumur air bersih guna menyediakan air bersih bagi masyarakat.

"Kita lihat masyarakat kecil kita membutuhkan sarana air bersih," ujar Frans, Selasa (19/7/2022) di Merauke.

Selain itu, di tahun 2022 ini akan dibangun sarana MCK (Mandi, Cuci,Kakus), sebab masih banyak warga yang belum memiliki sarana MCK yang memadai sehingga akan dibangun MCK umum yang dapat memudahkan kebutuhannya.

Berikut pembangunan lampu jalan di titik rawan yang belum cukup penerangan, guna meminimalisir tindak kriminal di wilayah tersebut. Dikatakan, pengadaan lampu jalan sudah mulai sejak 2021 di 20 RT dan 4 RW. Kemudian, pengadaan mebel dukungan untuk Posyandu melengkapi fasilitas pendukung dan makanan tambahan bagi bayi dan lansia.

Besaran dana kelurahan yang dialokasikan oleh Pemkab Merauke ini dinilai sangat membantu kebutuhan di kantor dan program kelurahan kepada masyarakat. Dana yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Otsus akan dimanfaatkan dengan baik terlebih dalam memberikan dampak dan manfaat bagi kebutuhan pembangunan masyarakat di Kelurahan Kamundu

Dalam program pemberdayaan masyarakat, kelurahan akan serahkan bantuan kepada mama-mama Papua sebagai modal usaha untuk peningkatan ekonomi.

"Kita berikan dana modal untuk dikembangkan, dengan itu dapat menciptakan lapangan kerja dan mama-mama Papua dapat berkembang. Prosesnya tengah berjalan," sambung Frans.

Pertama diserahkan kepada satu kelompok yang terdiri dari enam orang. Perkembangan akan dipantau, agar benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan ekonomi. Lurah Kamundu belum pastikan berapa yang akan diserahkan namun akan segera diberikan kepada penerima dalam waktu dekat.(Get)