Berita Utama

90 Persen Pejabat Pemerintah PPS Sudah Terisi

Merauke - 90 persen pejabat yang mengisi jabatan di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Selatan (PPS) sudah terisi.

Demikian pernyataan ini disampaikan Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo kepada wartawan, Jumat (16/12/2022) di Gedung Negara Merauke usai penyerahan SK pengangkatan Plt Kepala OPD PPS. 

"Tinggal di Sekretariat Daerah seperti para Staf Ahli yang belum kita lengkapi," tutur Apolo. 

Pihaknya sedang melakukan seleksi kepada ASN yang sudah dilimpahkan kepada provinsi dan kabupaten/kota. Ketika tidak ada dalam daftar pelimpahan, maka akan dilakukan permintaan kepada pejabat yang sedang menjabat di empat kabupaten yakni Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat serta Provinsi Papua sebagai Provinsi induk. 

Namun dari sisi kepangkatannya juga harus terpenuhi. Sedangkan, bagi pejabat yang sudah dilantik sebagai Plt, tidak serta merta langsung naik ke jabatan defenitif, tetapi harus melalui seleksi administrasi, kesehatan, psychology dan wawancara serta mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara. 

Selain itu, juga harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jika ketentuan yang dipersyaratkan terpenuhi, baru dapat dilakukan pelantikan di daerah. 

Dalam mengisi jabatan di PPS, akan memperhatikan keterwakilan semua komponen dengan sebutan 4M2APN atau Marind, Muyu, Mandobo, Mappi, Asmat, Auyu, Papua (luar Animha) dan Nusantara. 

"Jadi semua komponen harus ada keterwakilan di dalam pemerintahan supaya kita sama-sama merasa bahwa ini adalah milik kita bersama," tutup Apolo.(Get)