Berita Utama

Verifikasi Administrasi Bacalon DPD RI Perwakilan PPS Ditemukan Potensi Ganda

Merauke - Verifikasi administrasi bakal calon (Calon) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di KPU Provinsi Papua Selatan (PPS) sudah berjalan dan akan dilanjutkan verifikasi perbaikan. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Provinsi Papua untuk PPS, Fransiskus A. Letsoin mengatakan, potensi ganda eksternal masih ditemukan namun akan ditindaklanjuti dari bakal calon Anggota DPD dalam bentuk surat pernyataan sampai proses klarifikasi. 

"Sementara masih berproses. Kami dari KPU setelah melakukan analis data-data mereka kemudian kita turunkan ke Bacalon termasuk yang potensi ganda, potensi tidak memenuhi syarat, dari sisi usia, pekerjaan dan selanjutnya sampai tanggal yang ditentukan Bacalon harus bisa menindaklanjuti dengan bukti dan surat pernyataan," sambung Frans. 

Usai tahap verifikasi perbaikan, dilanjutkan verifikasi tahap perbaikan kedua, lalu masuk verifikasi faktual tahap pertama dan kedua diikuti dengan penetapan. Bakal calon diingatkan dua hal yang harus dilakukan pada masa perbaikan yakni memperbaiki dan mengganti data. 

"Kami berharap semua bakal calon yang sudah menyerahkan syarat dukungan minimal dan pesebarannya memperhatikan proses ini sehingga bisa memenuhi syarat dari sisi aturan," pinta Frans.(Get)