Berita Utama

SAYEMBARA; Tangkap Pelaku Asal Buang Sampah Akan Dicash

Merauke - Atas dasar kekecewaan, Lurah Karang Indah, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan (PPS) mengadakan sayembara tangkap pembuang sampah tidak pada tempatnya. 

Bagi yang bisa melakukan penangkapan kepada pelaku yang membuang sampah di Jalan Ternate Kelurahan Karang Indah, ia berhak mendapat uang cash senilai Rp 500.000.

Lurah Karang Indah, Wilibrodus S. Duran, S. STP mengatakan, Sayembara tersebut berlaku mulai Januari hingga Maret 2023. Ini dilakukan karena pihaknya merasa kecewa telah berulang kali membersihkan sampah yang berserakan di wilayah mereka, sementara lokasi tersebut bukanlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS). 

"Semenjak tanggal 4 Agustus 2022 saya dilantik sampai dengan sekarang, sudah 3 kali saya bersihkan. Bahkan pada masa lurah sebelumnya juga selalu rutin bersihkan," tutur Lurah Karang Indah, Jumat (3/2/2023). 

Tumpukan sampah di Jalan Ternate Kelurahan Karang Indah, Merauke.

Diakui, dengan membuang sampah yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab mengakibatkan lingkungan menjadi sangat kotor dari serkan sampah. Meski sudah dibersihkan dan dipasang papan larangan, pelaku tidak berakhlak masih saja menaruh sampah di lokasi yang sama. 

Atas dasar kekecewaan itulah, pihaknya berinisiatif mengadakan sayembara tangkap pembuang sampah di lokasi yang dituju. Sayembara tersebut perdana dan baru, karena belum pernah ada sebelumnya. 

Dia menambahkan, pihaknya butuh CCTV berjalan atau manusia yang melakukan pengawasan, sekaligus menangkap pelaku. Namun, ditegaskan, hanya melakukan penangkapan tidak main hakim sendiri. Usai ditangkap, pelaku dibawa ke kantor lurah setempat untuk ditindaklanjuti entah diselesaikan secara interen atau diteruskan ke kantor Polisi. 

"Yang berhasil menangkap saya langsung cash Rp 500.000. Saya menggunakan dana pribadi dan teman-teman kantor untuk saling mendukung," tuturnya. 

Warga diharapkan mengubah perilaku, disiplin dan teratur dari yang membuang sampah sesuka hati beralih ke buang pada tempatnya. Sehingga lingkungan dan pinggiran jalan raya tetap bersih, bebas dari pencemaran karena limbah sampah.(Get)