Berita Utama

Kinerja ASN Menjadi Tolak Ukur Untuk Menempati Suatu Jabatan

Merauke - Wakil Bupati Merauke H. Riduwan menekankan kepada seluruh ASN Pemkab Merauke untuk lebih disiplin dalam menjalani tugas pemerintahan. 

Melalui disiplin akan jadi tolak ukur penilaian terhadap kinerja seorang Aparatur Sipil Negara untuk mendapatkan promosi jabatan. 

"Saat ini kita banyak jabatan yang kosong karena banyak yang pindah ke provinsi Papua Selatan, pengisian jabatan akan dilakukan pada jabatan yang kosong. Maka kinerja akan menjadi satu ukuran untuk menempatkan seseorang," kata Wabup dalam arahannya pada Apel Bulanan Korpri, Senin (3/7/2023) di Halaman Kantor Bupati setempat. 

Dikatakan, masih banyak laporan terkait kedisiplinan ASN, salah satunya banyak anggota korpri yang tidak hadir dalam apel bulanan tersebut. Kesempatan tersebut, Wabup memastikan jumlah kehadiran dari masing-masing dinas, dan badan. 

Untuk itu ditegaskan kepada pimpinan OPD lebih berperan dalam membina stafnya serta mampu memberikan contoh kedisiplinan ASN dan menerapkan sanksi-sanksi sebagai bentuk ketegasan atasan. 

Kesempatan berikut, Bupati Merauke Romanus Mbaraka juga menekankan poin yang sama lebih lagi kepada sesama anak asli Papua. Sebagai senior dan juga pimpinan, tak bosan-bosan Bupati Romanus memberikan nasihat dan ajakan kepada ASN OAP, agar tidak sia-siakan kesempatan yang diberikan sebab kesuksesan dan kemajuan harus didukung dari kemauan dan kerja keras diri sendiri, pihak lain hanya melengkapi. 

"Saya pernah dinasehati agar saya rajin masuk kantor dan disiplin serta banyak belajar. Ketika besok-besok kamu mau maju jadi pejabat pasti yang pertama dukung adalah orang-orang sekitarmu karena mereka melihat kinerjamu, mereka pasti pilih kamu," urai Romanus mengulangi ungkapan yang pernah ditujukan kepadanya semasa ia masih sebagai staf ASN. 

Motivasi yang sama dibagikan kepada generasi Papua sebagai contoh bahwa untuk meraih puncak tertinggi mesti mempersiapkan diri dan melakukan segala urusan dengan semestinya. Tidak terlibat dalam minuman keras, tidak mabuk-mabukan, perjudian, menjauhi perbuatan tercela lainnya dan terutama adalah mendekatkan diri kepada Allah sebagai sumber hidup dengan melakukan kehendak-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

"Mari kita sama-sama membangun daerah kita karena ASN sebagai motor penggerak pembangunan," ajak Romanus mengakhiri arahannya.(Get)