Berita Utama

Malam Pameran dan Hiburan di Merauke Meriahkan HUT RI 2023

Merauke - Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua Selatan mengadakan malam pameran dan hiburan untuk meriahkan HUT ke 78 RI tahun 2023.

Pameran dan hiburan berlangsung selama tiga malam dari 15-17 Agustus, dimulai Selasa (15/8/2023) dibuka oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka dengan sorotan tema 'Bangkit Berjuang Menuju Merauke Maju.' 

"Tujuan malam pameran bagi UMKM ini agar produk olahan lokal terus dikembangkan dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Merauke," ucap Bupati Merauke, Romanus Mbaraka di lapangan Monumen Kapsul Waktu Merauke. 

Ia menyampaikan banyak giat melibatkan stakeholder dan rakyat Merauke guna mendorong rakyat terus maju. Dalam pameran dikatakan hampir 90 persen mempromosikan produk UMKM lokal yang dalam perkembangannya secara intens terus didampingi pemerintah. 

"Kita berupaya rakyat kita tumbuh sejajar, dan pertumbuhan ekonomi terus melaju sehingga bisa mencapai Indonesia maju. Mari kita bersatu, tetap hidup tertib dan penuh persaudaraan," ajak Romanus. 

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama Forkopimda dan OPD memantau stand pameran UMKM di Kapsul Waktu.

Menurut Romanus, ukuran pertumbuhan ekonomi tergantung dari sumber pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu, ia mengajak semua orang bekerja keras dalam meningkatkan PAD. 

Sebelumnya, Ketua Panitia HUT ke 78 RI Kabupaten Merauke, Fransiskus Kamijai menyampaikan, dalam rangka meriahkan HUT RI tahun ini, panitia telah melakukan berbagai lomba dan kegiatan yang melibatkan masyarakat. 

Di antaranya, kegiatan perekaman e KTP, anjangsana di panti asuhan, pemberian paket sembako bagi masyarakat di kampung lokal, kerja bakti masal, pawai pembangunan, gelar pangan lokal di beberapa titik di kota dan kampung, dialog interaktif, lomba tradisional berupa panahan, dayung, wayase, tarik tambang, pasar malam dan hiburan. 

'Total sebanyak 84 stand UMKM yang berpartisipasi dalam pasar malam dengan menampilkan aneka produk unggulan sekaligus ada pelayanan publik dan penampilan musik," sebut Fransiskus. 

Setelah pembukaan, Bupati Merauke didampingi para Forkopimda dan OPD melakukan tinjauan di masing-masing stand. (Get)