Berita Utama

Pasar Mama Papua Blorep Segera Dibangun Tahun Ini

Merauke - Pasar Mama Papua di Jalan Borep Merauke Segara dibangun menggunakan anggaran Kementrian Perdagangan senilai Rp 3,5 miliar. 

Sebelumnya, pemerintah pusat telah membangun pasar mini di belakang SMPN 2 Merauke, tinggal dilengkapi fasilitas pendukung jalan masuk dengan melalui sharing pada ABT Pemkab Merauke tahun ini. 

"Kenapa yang di belakang SMP 2 belum diaktifkan karena kita belum menjalankan kewajiban kita, sehingga di ABT ini kita akan bangun jalan. Sementara untuk yang di Blorep sudah dilakukan tender dan dalam pertengahan atau akhir September 2023 sudah mulai dikerjakan," ujar Kadis Perindagkop Merauke, Eric Rumlus, Jumat (8/9/2023). 

Dia menambahkan, pemisahan Pasar Mama Papua dilakukan agar lebih memberikan kesempatan dan kebebasan khusus orang asli Papua untuk menjual pangan lokalnya seperti sayuran segar dan organik, ikan, udang yang baru ditangkap dan umbi-umbian serta sagu. 

"Sehingga dia (pasar) akan sama dengan pasar umum tapi yang menjualnya hanya Mama Papua. Sementara untuk target pembangunan Pasar Blorep akan selesai Desember 2023, karena konstruksi bangunannya rangka bajak yang sudah dipesan tinggal dipasang," pungkas Eric.(Get)