Berita Utama

Pekan Olahraga Pelajar Pertama Papua Selatan Segera Digelar

Merauke - Pemerintah Provinsi Papua Selatan memberikan dana hibah senilai Rp 3,5 miliar kepada Badan Pengurus Pekan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Papua Selatan untuk mengadakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) bagi pelajar SMA dan SMK se Papua Selatan. 

Delapan Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan dalam POPDA Pertama, dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan bakat olahraga siswa. Selanjutnya, akan diikutkan dalam Pra POPNAS dan POPNAS. Sehingga POPDA digelar sebagai ajang seleksi untuk persiapan mewakili Papua Selatan ke Pra POPNAS dan POPNAS. 

"Oleh sebab itu, kita harapkan semua SMA dan SMK mengirimkan timnya supaya diseleksi oleh tim talent scouting (Panduan Bakat).Kalau yang dari kabupaten Mappi, Asmat dan Boven Digoel kita kasih pindah atau titip di SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Merauke sehingga pembinaannya berjalan," ujar Kepala Dispora Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan Soleman Jambormias, usai rapat Panitia POPDA Pertama Papua Selatan, Selasa (20/2/2024) di Sekretariat Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Papua Selatan. 

Penyerahan simbolis bantuan bola kepada Ketua Ikatan Guru Olahraga oleh Ketua BAPOPSI Papua Selatan, Soleman Jambormias.

Target peserta sekitar 2000 pelajar, dengan waktu pelaksanaan POPDA mulai 20 April sampai 1 Mei 2024 sekaligus merayakan Hari Pendidikan Nasional (HPN) pada 2 Mei mendatang dengan pembagian hadiah. 

"Besaran anggaran POPDA sekitar Rp 3,5 miliar dari dana hibah Pemrov Papua Selatan kepada BAPOPSI Papua Selatan," tandas Soleman. 

Kesempatan yang sama, Kadispora sekaligus Ketua Umum BAPOPSI Papua Selatan langsung menyerahkan bantuan bola secara simbolis kepada Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional Papua Selatan, Jhon Goyap. 

Pengadaan bola dilakukan oleh BAPOPSI Papua Selatan dengan total bola yang disiapkan sebanyak 500 buah bola voli, bola kaki, futsal juga masing-masing 500, sebagai bentuk pembinaan sehingga masing-masing sekolah menyiapkan siswanya untuk mengikuti POPDA Papua Selatan Pertama.(Get)