Berita Utama

Hasil Panen Jagung Petani Jagebob Diserap Perusahaan Pakan Ayam Papua Selatan

Merauke - Petani jagung Distrik Jagebob Kabupaten Merauke boleh tersenyum lebar karena hasil panen jagungnya mulai dibeli PT Timur Nusa Sejahtera (PTNS).

PTNS merupakan pabrik pakan ternak ayam di SP 9 Tanah Miring, Merauke, Papua Selatan yang sudah dibangun pada 2023 lalu. Meski belum banyak panenan jagung yang bisa diserap, namun kehadiran PTNS sangat membantu petani jagung Jagebob maupun yang ada di sekitarnya.

"Kita sudah mulai ambil dari masyarakat dengan harga Rp 5000/Kg dengan kadar air 14%. Kemarin ambil 9 ton dari Jagebob," ujar Pemilik PTNS, Suwoyo, Jumat (5/4/2024).

Hasil panen yang sudah ada dikatakan masih jauh dari kebutuhan, sebab untuk 9 ton saja hanya mampu mencukupi kebutuhan pakan selama 3 hari. Namun, ia mengapresiasi petani dan berharap petani lebih tekuni budidaya tanaman jagung sehingga lebih banyak lagi diserap dan memenuhi kebutuhan pakan lokal di pabrik pakan tersebut. Karena, Pemilik PTNS sementara masih datangkan jagung dari luar Merauke. 

"Tiap bulan saya datangkan jagung 4 kontainer atau 100 ton. Kalau di Merauke, sementara yang sudah panen Jagebob, berikutnya Semangga. Kalau ditekuni Insya Allah bisa," sambung Suwoyo. 

Untuk mendorong semangat petani, pemilik PTNS terus melakukan sosialisasi dan pendampingan ke petani untuk lebih maju dalam bertani jagung. Tujuannya agar perputaran uang terjadi di Merauke Papua Selatan ketika jagung tidak lagi didatangkan dari luar melainkan mengambil atau membeli dari hasil petani setempat.(Get)