Berita Utama

113 Hewan Kurban Dipotong di RPH Mopah Merauke

Merauke - Di hari Idul Adha 1443 Hijriah, sebanyak 113 hewan kurban yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Mopah Merauke. Pemotongan akan dilakukan selama tiga hari melibatkan petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Mahasiswa Politeknik setempat. 

Plt. Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Martha Bayu mengatakan pemotongan hari pertama sebanyak 53 ekor sapi, terdiri dari 33 ekor dari masjid, 6 ekor dari sekolah dan perorangan 14 ekor. Hari kedua sebanyak 57 ekor, 46 ekor dari masjid, 7 ekor dari sekolah dan 4 dari perorangan. Kemudian hari ketiga 3 ekor yang berasal dari perorangan. 

"Jadi total yang akan disembelih di RPH sebanyak 113 ekor. Sebelumnya kami libatkan dokter hewan dari Karantina Kelas Merauke. Total keseluruhan jenis hewan kurban yang diperiksa di Merauke sebanyak 535 ekor sapi, 4 ekor kerbau dan 189 ekor kambing," ujar Martha, Minggu (10/7/2022) di RPH Mopah Merauke. 

Pelaksanaan pemotongan hingga pengemasan melibatkan 90 petugas untuk kemudian hasil yang sudah dikemas diserahkan kepada pengkurban. 

Kegiatan diawali dengan penyerahan hewan kurban dari Pemkab Merauke yang diwakilkan Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan. Merauke tidak boleh ada yang permasalahkan perbedaan tetapi dijadikan sebagai kekuatan untuk membangun negeri untuk maju. 

Penyembelihan kurban dilakukan secara gratis, oleh karena itu masyarakat diharapkan memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah dengan menyembelih hewan kurban di RPH sehingga lebih higienis dan halal. 

"Pemberian hewan kurban ini kesolehan sosial kita diuji bagaimana kita bisa mendermakan sebagaian yang kita punya kepada yang membutuhkan," ungkapnya. 

Pemda Merauke menyumbangkan 29 sapi yang dibagikan ke setiap masjid yang dianggap kurang. Dua di antaranya sapi sumbangan Wakil Bupati Merauke.(Get)