Berita Utama

KPU Merauke Sosialisasikan Pendidikan Pemilih Kepada Mahasiswa

Merauke - KPU Kabupaten Merauke sosialisasi pendidikan pemilih kepada mahasiswa dalam rangka Pilkada Kabupaten Merauke tahun 2024 kepada mahasiswa di Kota Merauke, Rabu (24/7/2024). 

Tujuan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk menyampaikan informasi pemilihan dan memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai proses dan tata cara pemilih pada Pilkada 2024. Meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan tanggal 27 November 2024 dengan sasaran agar masyarakat terutama mahasiswa bisa menerima dan memberikan informasi pemilihan sesuai dengan ketentuan UU. 

Mahasiswa dapat berperan aktif dalam pendidikan politik yang bermartabat dan ikut serta dalam seluruh tahapan pemilihan dan bertanggungjawab bersama menjaga proses penyelenggaraan pemilihan di Kabupaten Merauke sesuai dengan asas umum, langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun

Ketua KPU Merauke, Rosina Kebubun dalam sambutannya menyebut bahwa di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara nasional untuk pemilih muda angkanya 40 persen. Angka ini menunjukkan cukup banyak pemilih muda memberikan sumbangsih bagi proses demokrasi yang dilakukan secara nasional maupun di tingkat daerah. 

"Sehingga pemilih muda adalah pemilih potensial yang sangat memberikan kontribusi bagi proses demokrasi karena ini orang muda menjadi agen perdamaian. Salah satunya berperang melawan berita hoaks di media sosial," ucap Rosina. 

Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Merauke, Yanderzon Viktor Billik mengatakan, dengan sosialisasi diharapkan generasi muda berperan aktif untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada secara benar.

"Kalau mereka lebih tahun dan lebih paham tentu dengan senang hati juga ikut memberikan pemahaman yang baik kepada teman dan keluarga," pungkasnya.(Get)