Berita Utama

Penerimaan Pajak Tahun 2022 di KPP Pratama Merauke Melampaui Target

Merauke - Kantor Pajak Pratama (KPP) Merauke pantas mendapatkan apresiasi atas pencapaian penerimaan pajak di tahun 2022 mencapai 894 miliar dari target 606 miliar. Dengan demikian, realisasi penerimaan pajak mencapai 147,52 persen dari target yang ditetapkan di tahun 2022.

Menariknya, KPP Pratama Merauke menjadi KPP pertama di lingkungan Kanwil Papua, Papua Barat dan Maluku yang mencapai penerimaan paling cepat di minggu pertama Bulan November 2022 yakni sudah capai 100 persen penerimaan. 

Kepala KPP Merauke, Ahmad Sadiq Urwah, F. M menyampaikan apresiasi kepada wajib pajak yang telah berkontribusi besar terhadap penerimaan Kantor Pajak Pratama Merauke di tahun 2022. Kontribusi besar juga berasal dari program pengungkapan sukarela (PPS), program sinergi dengan Pemda setempat dalam memaksimalkan potensi penerimaan pajak yang tentunya saling menguntungkan kedua belah pihak. 

"Alhamdulillah dalam 10 tahun terakhir, baru kali ini KPP Merauke capai penerimaan 100 persen. Realisasi penerimaan ini juga berarti penerimaan pajak 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 46,42 persen. Mudah-mudahan ini bisa kita pertahankan di tahun selanjutnya," ujar Ahmad, Selasa (10/1/2023). 

Pelayanan di Kantor Pajak Pratama Merauke.

Pihaknya komitmen mensuport biaya pembanguan melalui penerimaan pajak. Guna mempertahankan pencapaian gemilang tersebut, ada beberapa strategi yang sudah disiapkan pada tahun 2023 ini, di samping program rutin seperti pemadanan NPWP dan NIK, program matching antara nomor induk kependudukan dan NPWP yang diharapkan mendapatkan partisipasi aktif dari wajib pajak. 

Berikut, program peningkatan kepatuhan khusus pada sektor-sektor yang sudah memberikan kontribusi besar seperti perkebunan sawit, administrasi pemerintahan, industri pengolahan dan sektor pengolahan. 

Prediksinya target penerimaan pajak pada 2023 ini akan naik kisaran 5-6 persen dilihat dari kenaikan penerimaan pajak di APBN. Namun yang terpenting berapapun besaran target yang ditentukan didukung dengan kinerja pegawai di KPP Pratama Merauke dan partisipasi aktif dari wajib pajak serta peran aktif media masa dalam menyampaikan informasi, tentu pencapaian sesuai target mampu tercapai.(Get)